Luar Biasa! Inilah Manfaat Mengagumkan dari Membaca Buku

Bagikan Artikel Ini

Buku adalah jendela dunia. Begitulah pepatah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bagi beberapa orang, aktivitas membaca adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Tapi, bagi beberapa lainnya, aktivitas membaca sering kali dianggap sebagai aktivitas yang membosankan. Sebenarnya, selain menambah wawasan membaca buku memiliki banyak sekali manfaat yang tidak semua orang mengetahuinya. Berikut ini manfaat mengagumkan dari membaca buku.

Luar Biasa! Inilah Manfaat Mengagumkan dari Membaca Buku

  1. Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit progresif atau perlahan-lahan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penyakit ini membuat jaringan otak rusak seiring berjalannya waktu.

Karena membaca bermanfaat untuk mengasah dan merangsang kemampuan otak, tidak heran jika membaca juga bisa membuat otak awet sehat. Otak yang awet sehat akan terhindar dari risiko alzheimer, hilang ingatan hingga gagal fokus. Orang-orang yang memiliki hobi membaca juga lebih mungkin terhindar dari stres, depresi atau pun gangguan otak lainnya yang memicu alzheimer.

  1. Meringankan stres

Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stres.

  1. Bikin Bahagia

Sadar atau tidak, membaca bisa bikin Anda bahagia. Dengan mengetahui pengetahuan baru, secara tidak langsung perasaan akan bahagia, lega dan nyaman. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang punya hobi membaca lebih bisa menekan emosinya. Orang-orang ini bahkan bisa merasa lebih sabar dan tidak mudah gegabah.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Punya hobi membaca sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Ini juga sangat memungkinkan membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Karena, membaca buku sebelum tidur dapat memberikan alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

  1. Memiliki hubungan sosial yang baik

Orang yang hobby membaca memiliki banyak pengetahuan dan informasi. Ini sangat bermanfaat dalam hubungan sosial. Dengan banyaknya pengetahuan dan informasi tersebut, membuat seseorang lebih percaya diri saat berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain bahkan di depan umum.

 

Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari membaca. Tetapi tetap harus diingat ya, bacalah buku yang memiliki sugesti positif didalamnya. Karena, membaca buku adalah salah satu cara sugesti masuk kedalam pikiran Anda untuk mempengaruhi hidup Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini