Tidak Percaya Diri Saat Berbicara Dengan Orang Lain? Lakukan Tips Ini !

Bagikan Artikel Ini

Komunikasi adalah hal penting dalam kehidupan ini. Entah untuk keperluan bisnis atau hanya sekadar berbincang santai, komunikasi adalah salah satu cara berinteraksi dengan orang di sekitar. Tetapi sebagian orang merasa tidak percaya diri saat harus berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan ada beberapa orang yang sering sakit perut atau keringat dingin saat berbicara dengan orang lain. Atau mungkin Anda salah satunya? Lalu, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan percaya diri? Yuk, lakukan tips ini.

Tidak Percaya Diri Saat Berbicara Dengan Orang Lain? Lakukan Tips Ini !

  1. Jangan takut salah

Mungkin Anda tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain karena takut salah. Ya, Anda takut bahwa semua yang Anda sampaikan nanti akan dikritik habis-habisan. Kunci penting untuk melatih cara berkomunikasi yang penuh percaya diri adalah jangan pernah takut salah. Ingat, pembawa acara profesional pun pasti pernah mengalami salah bicara, jadi wajar saja jika nantinya Anda keceplosan salah ucap di sela-sela pembicaraan.

Yang terpenting, sampaikan omongan Anda dengan baik dan jelas. Jika nantinya Anda salah bicara atau memicu perbedaan pendapat, segeralah minta maaf dan diskusikan dengan baik. Ketika Anda sudah berani berbicara tanpa takut salah, ini artinya cara berkomunikasi Anda sudah membaik dari sebelumnya.

  1. Latihan berbicara di depan cermin

Melatih self-talk atau berbicara sendiri bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda. Berdirilah di depan cermin dan perhatikan mimik wajah Anda sendiri. Mulailah berbicara dengan jelas dan jangan terburu-buru. Anggaplah Anda sedang berbicara dengan teman sendiri.

Hal ini dapat membantu mengetahui alasan dibalik ketakutan Anda terhadap orang lain. Misalnya, Anda tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain karena merasa penampilan Anda tidak menarik. Nah, disini Anda bisa memperhatikan bagian mana yang dirasa kurang menarik, lalu memperbaikinya.

Sedangkan jika Anda takut berbicara karena omongan Anda kurang jelas, Anda bisa memperbaikinya mulai sekarang. Jadi, Anda bisa tahu dimana letak kesalahannya dan menemukan solusinya.

Baca juga : 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

  1. Perbanyak latihan berbicara dengan teman

Taukah Anda tingkat kepercayaan diri seseorang bisa dibentuk oleh lingkungan. Jika Anda berada di tengah-tengah orang yang jarang bersuara, maka bisa jadi Anda akan terbawa untuk ikut diam terus-menerus.

Mintalah bantuan teman terdekat Anda untuk berlatih cara berkomunikasi yang baik. Duduklah berhadapan dengan teman Anda, lalu bicarakan hal apapun. Setelah itu, mintalah teman Anda untuk mengoreksi apa yang kurang, misalnya cara bicara yang terlalu cepat, kurang jelas, atau terlalu ngalor-ngidul.

Selanjutnya, cobalah keluar dari zona nyaman dan berbaur dengan teman-teman yang aktif berbicara. Mau tidak mau, Anda akan dipaksa untuk menimpali pembicaraan. Secara tidak langsung, hal ini akan melatih cara berkomunikasi dan bikin Anda lebih percaya diri.

  1. Yakin kalau Anda bisa

Wajar saja kalau Anda masih merasa gugup atau takut untuk memulai pembicaraan. Untuk mengatasinya, cobalah atur napas Anda pelan-pelan dan tetaplah tenang. Bersikap tenang ternyata bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda, lho! Memang tidak mudah, tapi bagaimanapun caranya, yakinkan bahwa Anda bisa untuk berkomunikasi dengan orang lain penuh percaya diri.

 

Sebenarnya setiap orang sudah memiliki rasa percaya diri, hanya saja levelnya yang berbeda.  Orang yang merasa tidak percaya diri, sebenarnya level percaya dirinya rendah. Untuk memperbesar rasa percaya diri, Anda harus mengenali PIKIRAN Anda dengan benar. Mengenali PIKIRAN sama dengan mengenali diri dengan sebenar-benarnya mengenali.

 

Alpha Mind Control atau AMC adalah satu-satunya metode mengenali, mengontrol dan memaksimalkan PIKIRAN. Menggunakan AMC dalam kehidupan sehari-hari, membuat hidup Anda penuh kemudahan, kebahagiaan dan keberlimpahan dengan cara yang sangat mudah dan menyenangkan. Info lebih tentang Alpha Mind Control klik disini.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini