Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Bagikan Artikel Ini

Selama bulan ramadan, Anda akan lebih jarang makan karena berpuasa, tetapi bukan berarti pengeluaran Anda akan berkurang. Banyak orang yang pengeluarannya malah jadi membengkak selama Ramadan. Mahalnya biaya makan dan ajakan buka puasa bersama atau bukber di luar menjadi faktor utama meningkatnya pengeluaran Anda. Lalu, gimana ya biar bulan puasa tetap bisa berhemat? Mau tahu caranya? Yuk simak tips mengatur keuangan selama bulan ramadhan.

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

  1. Buat Rencana Keuangan

Anda harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas dalam mengalokasikan penghasilan Anda. Sisihkan uang untuk makanan sahur dan berbuka. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan sesuai, tidak terlalu kecil, namun juga jangan terlalu besar.

 

Jangan lupa juga alokasikan uang Anda untuk membeli kebutuhan keluarga. Anggaran ini pun tidak boleh ketinggalan, yakni menyisihkan uang untuk bersedekah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Perhitungkan anggaran untuk sebulan ini dengan rinci dan realistis.

  1. Kelompokkan Pengeluaran Untuk Hari Raya

Selama bulan Ramadan harga bahan pokok biasanya naik. Pengeluaran Anda akan semakin banyak untuk keperluan yang satu ini. Selain itu, perhitungkan juga biaya untuk membeli hadiah atau THR bagi sanak saudara, membeli pakaian baru, membeli atau membuat kue lebaran, dan biaya untuk mudik ke kampung halaman.

 

Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Lebaran ini harus mulai Anda persiapkan dari sekarang agar lebih teratur. Lebih baik gunakan uang bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan untuk memenuhi keperluan ini. Jangan sampai berutang hanya untuk hal ini ya. Ingat lakukanlah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Baca juga : “Berbuka dengan yang Manis” Penting Untuk Tubuh, Inilah Penjelasannya !

  1. Jangan Terlalu Sering Berbuka di Luar

Bulan Ramadan pasti banyak sekali ajakan untuk berbuka puasa bersama bukan? Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, semuanya mengajak berbuka puasa bersama sekaligus untuk reuni. Coba Anda buat prioritas, mana buka bersama yang memang benar-benar harus Anda datangi. Kalau Anda terlalu memaksakan untuk mengikuti semuanya, jangan harap kalau pengeluaran Anda tidak membengkak ya.

 

Harga makanan di luar tentu akan lebih mahal pada saat puasa karena harga bahan pokok juga melonjak. Akan lebih baik dan lebih hemat jika kamu berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana. Yang penting kebersamaannya bukan?

  1. Tahan Keinginanmu Untuk Berbelanja

Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, Anda juga harus bisa menahan keinginan untuk berbelanja selama bulan Ramadan. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang membuat Anda tergiur, Anda harus bisa menahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu semua kebutuhan Anda selama bulan ini, setelah itu barulah gunakan sisa uang Anda untuk berbelanja. Kendalikan diri Anda agar keuangan tetap teratur ya.

  1. Berkomitmen

Semua akan sia-sia jika Anda tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Memiliki komitmen yang teguh akan membuat Anda tetap menjalani perencanaan yang sudah Anda buat. Dengan begitu, mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jaga terus ya komitmen Anda.

 

Mengatur keuangan bukan berarti Anda menjadi pelit dan tidak bisa bersedekah. Jangan jadikan mengatur keuangan alasan untuk tidak berbagi dengan sesama. Membantu orang yang lebih membutuhkan adalah perbuatan baik yang membuat hidup Anda semakin bermakna. Buat puasa Anda jadi penuh berkah dan berarti.

Bagikan Artikel Ini