Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

Bagikan Artikel Ini

Bukan hanya menahan haus dan lapar, saat puasa  Anda juga harus bisa menahan amarah. Perasaan marah bisa datang kapan saja dan di mana saja. Pemicunya juga beragam, misalnya karena kemacetan yang membuat Anda telat datang ke kantor atau karena cangkir kesayangan yang pecah karena tersenggol rekan kerja. Apapun penyebabnya, yang perlu Anda lakukan hanya satu, yaitu menahan amarah. Beberapa orang seringkali merasa lebih sulit mengelola amarah daripada menahan lapar. Nah, untuk Anda yang susah mengendalikan emosi, yuk lakukan tips menahan amarah dibawah ini.

  1. Menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam adalah salah satu cara ampuh untuk meredakan emosi. Saat marah tubuh menjadi tegang untuk merilekskannya kembali dan menurunkan ketegangan ini, Anda perlu menarik napas dalam-dalam. Pasalnya, memasok oksigen lebih banyak ke dalam tubuh membantunya untuk melepaskan ketegangan.

Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

Pejamkan mata secara perlahan lalu tarik napas dalam-dalam. Caranya dengan menghirupnya dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan dari mulut. Ulangi teknik meditasi sederhana ini sebanyak tiga hingga lima kali atau sampai Anda merasa jauh lebih baik.

  1. Ungkapkan amarah melalui tulisan

Menulis memang diketahui sudah punya banyak manfaat untuk kesehatan pikiran dan jiwa, tak terkecuali untuk Anda yang susah meredam amarah. Menulis bisa jadi semacam terapi sederhana untuk membuat suasana hati lebih baik.

Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

Karena ketika menulis apa yang membuat Anda marah itu seperti Anda sedang mencurahkan emosi dan itu membuat Anda lebih lega. Selain itu, menulis juga membantu Anda untuk mengenal diri Anda sendiri sehingga solusi atas kemarahan yang Anda rasakan sebenarnya juga ada pada diriAnda sendiri.

Baca juga : Langkah Efektif untuk Memulihkan Diri dari Trauma

  1. Berjalan-jalan sejenak

Saat emosi sedang memuncak, cobalah untuk bangkit dari duduk dan berjalan-jalan sejenak menjauhi sumber kemarahan Anda. Olahraga bisa menjadi penghilang stres dan emosi yang cukup ampuh. Berjalan kaki termasuk olahraga ringan yang bisa menjadi pilihan untuk memancing tubuh melepaskan hormon endorfin atau yang disebut dengan hormon bahagia.

Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

Dengan berjalan-jalan sejenak dan menjauh dari sumber kekesalan, Anda bisa berpikir lebih jernih. Selain itu, cara ini juga membantu Anda untuk menemukan pandangan-pandangan baru yang mungkin bisa menjadi solusi masalah yang sedang dihadapi. Tidak perlu berlama-lama, berjalan selama lima menit di ruangan terbuka sudah cukup bisa memberikan Anda ketenangan.

  1. Lakukan hal-hal positif yang Anda suka

Cara lain yang ampuh untuk meredakan amarah Anda adalah dengan melakukan kegiatan positif yang Anda sukai. Misalnya dengan berolahraga, membaca buku, mendengarkan lagu atau lainnya yang mampu membuat  amarah Anda mereda dengan teralihkannya pikiran dan perasaan Anda.

Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

 

Sebenarnya, saat Anda sedang marah Anda perlu yang namanya me time atau waktu untuk diri sendiri. Jadi, cobalah untuk menenangkan hati sendiri dan manjakan diri Anda dengan hal-hal positif yang bisa bikin Anda lebih happy dan bersemangat lagi.

  1. Berikan sugesti pada diri sendiri

Saat merasa marah, bicaralah pada diri Anda sendiri untuk meredam rasa marah itu. Pikirkan dan katakan saja hal-hal yang bisa membuat Anda tenang, seperti “It’s OK,”  atau “Semua pasti ada jalan keluarnya”.

 

Mungkin beberapa hal tak berjalan sesuai apa yang kita inginkan dan membuat kita merasa marah. Namun, cobalah berhenti sejenak dan mensyukuri hal-hal kecil di sekitar kita yang tanpa kita minta, berjalan dengan baik dan lancar. Mungkin awalnya sulit karena pikiran kita dipenuhi amarah. Tetapi, lama-kelamaan pasti bisa! Itulah tips yang akan membantu Anda menahan amarah selama bulan puasa. Ingat yaa puasa nggak boleh marah-marah. Semoga bermanfaat.

amc-oktober
Bagikan Artikel Ini