5 Mitos Ini Ternyata Juga bisa Menjadi “Sugesti Positif” untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

5 Mitos Ini Ternyata Juga bisa Menjadi “Sugesti Positif” untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Anda tahu istilah “mitos”?, kalau di Indonesia kata mitos sering diartikan kisah-kisah jaman dulu yang biasanya dibumbui dengan hal yang aneh atau tidak ada penjelasan logisnya. Kita hanya dipaksa untuk percaya saja terhadap mitos-mitos yang ada. Tapi jangan salah dulu, tidak semua mitos itu jelek. Bahkan ada banyak mitos yang bisa menjadi sugesti positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tergantung bagaimana sikap kita terhadap mitos-mitos yang ada, kalau menganggapnya hanya sekedar bualan saja maka ya tentu tidak ada efeknya. Tetapi kalau kita mau menyikapinya dengan positif maka pasti kita bisa temukan penjelasan secara logikanya. Kali ini akan dijelaskan 5 mitos yang bisa menjadi sugesti positif  untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sudah dijelaskan diartikel sebelumnya di web ini tentang apa itu sugesti. Sugesti adalah sebuah nasihat atau saran yang kita masukkan ke dalam pikiran kita. Nasihat dari orang tua juga termasuk sugesti. Maka boleh juga kita simpulkan bahwa mitos juga salah satu bentuk sugesti. Berikut ada 5 mitos yang bisa menjadi sugesti positif untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga : Bukan hanya air minum yang harus diganti supaya sehat tapi hal satu ini

Pertama, Jangan Mandi Setelah Makan Bisa Berbahaya Buat Kesehatan

Ayoo siapa yang dulu waktu kecil sering dilarang orang tuanya mandi kalau sehabis makan. Pasti ada sebagian dari anda yang pernah mengalami mitos tentang kesehatan ini. Sebetulnya apa sih alasannya kalau sehabis makan dilarang mandiri. Mungkin seperti ini penjelasannya. Ketika makan kebanyakan orang Indonesia biasanya berkeringat tuh. Biasanya pori-pori kulit terbuka lebar, nah kalau langsung mandi bisa membuat air banyak masuk dan membuat tubuh meriang. Jadi ada betulnya juga ya mitos ini. Bisa menjadi sugesti positif untuk menjaga kesehatan Tubuh.

Kedua, Depan Rumah harus dikasih Gentong berisi Air supaya Suasana Rumah Adem

Di jawa ada sebuah mitos yan mewajibkan rumah anak-anaknya harus ada unsur air supaya suasana rumahnya adem. Bahkan ada yang menyuruh untuk menyediakan gentong air didepan rumahnya. Sebetulnya mitos ini bisa menjadi sugesti positif bagi kesehatan tubuh kita. Yaitu kita diajarkan untuk terbiasa mencuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah. Kan bisa aja setelah dari luar rumah tangan kita kotor atau tertempel debu maka sebelum masuk rumah diharuskan cuci tangan dan kaki dengan air yang ada digentong tadi. Bagus kan?

Ketiga,  Kerokan ketika Masuk Angin

Yang ketiga ini termasuk mitos sih, tapi sudah benar-benar menjadi sugesti positif dimasyarakat kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Di masyarakat kita sudah tertanam sugesti dikepala mereka bahwa kalau merasa meriang sedikit, merasa demam maka langkah pertama adalah kerokan. Dan pasti membuat tubuh merasa nyaman setelah kerokan. Betul kan? dan pasti sebagian besar orang Indonesia pasti pernah melakukan kerokan. Padahal sensasi nyaman yang muncul itu adalah efek gerakan uang koin ke tubuh dan minyak yang digunakan. Tapi selama efeknya positif buat kesehatan tubuh boleh diteruskan.

Keempat, Berjemur dengan Matahari Pagi

Biasanya orang tua dulu menyuruh anak-anaknya untuk berjemur matahari pagi. Bahkan bayi malah disuruh untuk sering berjemur pagi. Tapi orang saat ini menganggapnya itu hanya mitos. Padahal sejak bayi disuruh untuk berjemur. Ada bayi yang kurang sehat begitu sehabis berjemur matahari pagi menjadi sehat. Logikanya sih matahari itu mengandung sinar ultraviolet yang memang mampu membantu produksi vitamin D untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi kalau sugestinya positif ya maka sangat baik untuk dikerjakan.

Kelima, Kalau sudah Malam Jangan Main dekat Pohon Ada Hantunya

Mitos ini banyak nih dimasyarakat kita. Kalau sudah malam pasti dilarang bermain dekat pohon. Mitos ini baik, tapi alasannya bukan karena ada hantu. Lalu apa? Begini penjelasannya, kalau malam hari pohon tidak lagi berfotosintesis tetapi respirasi. Pohon membutuhkan oksigen sebagai bahan untuk menghasilkan karbondioksida dan air. Bukan menghasilkan oksigen tetapi karbondioksida. Bila karbondioksida terhirup dan masuk ke dalam tubuh hingga bercampur dengan aliran darah maka dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya hindari berteduh, bermain, atau tidur di bawah pohon saat malam hari.

Jadi tidak selamanya mitos itu harus diabaikan, jika memang manfaatnya baik maka sangat boleh kita jadikan sugesti positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagikan Artikel Ini

majalahsugesti

Admin Majalah Sugesti adalah pengelola dari Website KekuatanSugesti.com, berbagi Inspirasi dan Solusi untuk Kehidupan Manusia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA