Asik, Mengunyah Permen Karet Ternyata Memberi Manfaat bagi Tubuh dan Pikiran

Bagikan Artikel Ini

Permen karet permen yang memiliki rasa manis dan tekstur kenyal ini digemari banyak orang. Apalagi saat bosan melanda, permen karet bisa sedikit membantu menghilangkan kebosanan. Dan asiknya ada manfaat besar ketika mengunyah permen karet bagi tubuh dan pikiranStruktur kenyal pada permen karet, membuatnya menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tidak hanya itu, mengunyah permen karet juga dapat membawa beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah infeksi telinga pada anak

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat permen karet yang mengandung xylitol dapat mencegah infeksi telinga pada anak-anak. Tidak hanya itu, mengunyah permen karet juga dapat membantu memulihkan usus setelah operasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah operasi dapat mempercepat waktu pemulihan.

Ini Lho Sugesti Manfaat Permen Karet Bagi Tubuh

  • Membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menemukan, orang-orang yang rutin mengunyah permen karet cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit saat makan siang. Mengunyah permen karet dapat memberikan manfaat mengurangi nafsu makan dan menjadi lebih terkontrol. Di samping itu, keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan ringan juga berkurang. Akan tetapi dalam menurunkan berat badan, Anda harus memerlukan pola makan sehat dan seimbang yang diiringi dengan rutin berolahraga.

Ini Lho Sugesti Manfaat Permen Karet Bagi Tubuh

  • Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selama ini biasanya diajarkan kalau mengunyah permen karet itu merusak organ tubuh tetapi Penelitian menunjukkan bahwa manfaat mengunyah permen karet bebas gula dapat mencegah gigi berlubang. Berbeda dengan permen karet manis biasa yang memungkinkan dapat merusak gigi. Mengunyah permen karet bebas gula secara rutin sekitar 20 menit tiap setelah makan dapat membantu produksi saliva atau air liur, selain itu efektif dalam menyingkirkan bakteri dari gigi. Tapi, permen karet tetap tidak dapat menggantikan fungsi menyikat gigi

manfaat permen karet untuk gigi mulut

 

baca juga : 5 Buah yang Memiliki Sugesti untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

  • Menstabilkan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan Waseda University, Tokyo, manfaat mengunyah permen karet bisa menstabilkan jantung. Penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 46 orang dengan rentang usia 21 hingga 69 tahun. Peneliti kemudian membagi dua kelompok responden ini, yakni kelompok kontrol dan kelompok uji. Kelompok kontrol diberi bubuk untuk dicerna yang mengandung bahan-bahan seperti dalam permen karet. Kelompok uji diberi dua potong permen karet untuk dikunyah. Peserta di masing-masing kelompok kemudian diminta untuk berjalan selama 15 menit. Kecepatan jantung, kecepatan berjalan dan jarak tempuh, serta pengeluaran energi dari setiap responden, semuanya diukur. Peneliti menemukan adanya manfaat bagi tubuh berupa peningkatan yang signifikan pada denyut dan detak jantung para responden yang benar-benar mengunyah permen karet. Selain organ tubuh, permen karet juga memiliki manfaat bagi pikiran

Ini Lho Sugesti Manfaat Permen Karet Bagi Tubuh

  • Membuat Pikiran Santai dan Rileks

Mengunyah permen karet bukan hanya memberi manfaat bagi tubuh tapi juga bagi pikiran, kalau kamu rutin mengunyah permen karet setiap hari selama dua minggu bisa mengurangi rasa cemasmu secara signifikan. Kalau kamu sering merasa cemas atau deg-degan, coba deh lebih rutin kunyah permen karet. Selain itu, karena mengunyah permen karet dapat menstimulasi aliran darah dan air liur, dampaknya mood atau suasana pikiranmu juga bisa makin membaik. So, kalau kamu lagi bad mood, coba kunyah permen karet siapa tahu suasana pikiranmu jadi lebih baik. 

manfaat mengunyah permen karet bagi pikiran

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *