Perempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

Bagikan Artikel Ini

Sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS) merupakan tanda-tanda yang muncul sebelum masa bulanan wanita, biasanya meliputi sakit kepala, kram perut, dan perubahan suasana hati. Jika sering merasa terganggu dengan PMS, simak 3 sugesti yang ampuh mengatasi gejala PMS berikut ini.

Perempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

Gejala PMS biasa muncul pada 1-2 minggu sebelum hari pertama menstruasi setiap bulannya. Munculnya gejala yang melanda fisik dan mental ini belum dapat dipastikan apa penyebabnya, tetapi diperkirakan karena adanya perubahan hormon selama masa menstruasi, yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Selain sakit kepala dan kram perut, Anda mungkin dapat mengalami kelelahan, tumbuh jerawat, perut kembung, serta nyeri otot. Anda juga bisa merasa mudah tersinggung, cemas, atau sedih tanpa alasan yang jelas. Bahkan, bisa saja terjadi depresi. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab gejala PMS akan hilang begitu menstruasi tiba atau selesai.

Berikut beberapa sugesti yang ampuh mengatasi gejala PMS.

  1. Memperhatikan apa yang kamu makan.Perempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

Sugesti yang pertama adalah menerapkan pola makan yang benar pada saat menjelang menstruasi. Karena salah satu gejala paling umum dari PMS adalah nyeri perut yang super tidak nyaman, atau perut terasa seperti kembung. Sebaiknya, kamu minum banyak air putih dan hindari dulu makanan berkarbonasi seperti kacang-kacangan, permen karet dan makanan asin. Itu dapat membantu meredakan nyeri perut dan suasana hati yang meledak-ledak.

  1. Paksa dirimu untuk bergerak, atau berolahragaPerempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

Sugesti yang kedua adalah paksa dirimu untuk bergerak, atau berolahraga. Kalau kamu lemas dan jadi mudah tersinggung, kamu pasti akan malas melakukan apapun. Kamu harus memaksa dirimu untuk bergerak dan berolah raga karena itu akan bermanfaat mengatasi gejala PMS seperti kram, sakit, nyeri bahkan perubahan moodmu. Semakin banyak kamu bergerak, semakin sedikit rasa nyeri yang akan kamu rasakan.

Baca juga : 5 Sugesti dari bawang putih yang Dipercaya Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Selalu Berpikir PositifPerempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

Sugesti yang ketiga adalah selalu berpikir positif. Saat PMS, sebaiknya hilangkan pikiran negatif mengenai rasa sakit yang mungkin saja terjadi. Dengan memiliki pikiran positif, maka sama saja menstimulasi otak untuk berpikir kamu baik-baik saja.

Sugesti ini pun akan mengalirkan energi positif, sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Lakukan kegiatan rutin harian kamu tanpa berpikir jika rasa sakit seperti nyeri atau kram akan datang mengganggu.

Semoga bermanfaat ya J

Bagikan Artikel Ini