Inilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Bagikan Artikel Ini

Banyak sugesti yang tersebar dalam kehidupan sehari – hari. Tak terkecuali tentang menstruasi. Namun, apakah sugesti yang tersebar itu sepenuhnya benar? Tidak. Berikut ini beberapa sugesti salah tentang menstruasi yang tersebar di masyarakat.

Inilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

  1. Minum dingin menunda datangnya menstruasi

Sugesti salah yang pertama adalah minum dingin menunda datangnya menstruasi. Banyak orang percaya jika mengonsumsi minuman dingin saat menstruasi akan menunda datangnya si tamu bulanan, karena darah haid akan membeku “kedinginan” dan dinding rahim mengeras.

Inilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Faktanya, minuman dingin tidak berpengaruh apapun pada kelancaran atau terhambatnya menstruasi seseorang. Karena menstruasi berhubungan langsung dengan sistem reproduksi wanita, sedangkan minum dan makan berhubungan dengan sistem pencernaan. Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minuman yang Anda konsumsi dengan adanya gangguan pada haid karena sistem pencernaan dan sistem reproduksi terpisah dan tidak ada hubungannya satu sama lain.

Perlu diketahui jika pada dasarnya ada tiga penyebab yang membuat menstruasi seseorang tidak lancar. Pertama, masalah pada dinding rahim. Kedua, masalah hormonal dari indung telur sehingga tidak haid. Sedangkan yang terakhir, masalah dari hormonal otak seperti stres, olahraga yang berlebihan dan lain sebaginya. Jadi, air dingin bukan menjadi penyebab siklus menstruasi terhambat.

  1. Siklus menstruasi harus 28 hariInilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Sugesti salah yang kedua adalah siklus menstruasi harus 28 hari. Pertama, penting untuk dipahami bahwa siklus menstruasi setiap wanita tidak selalu sama. Itu sebabnya, tidak semua wanita mempunyai siklus menstruasi selama 28 hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau siklus menstruasi Anda lebih pendek atau lebih panjang dari 28 hari.

Pasalnya, wanita memiliki siklus menstruasi berkisar dari 21-35 hari. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal misalnya, fluktuasi berat badan, kegiatan yang sedang dijalani, stres, pengobatan, dan lainnya. Tidak hanya itu, seiring dengan bertambahnya usia, siklus menstruasi bagi sebagian wanita akan memendek.

Baca juga : Perempuan Wajib Tau ! 3 Sugesti Ini Ampuh Mengatasi PMS

  1. Dilarang keramas saat menstruasiInilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Sugesti salah yang ketiga adalah dilarang keramas. Sekalipun ingin keramas lebih baik menggunakan air hangat daripada air dingin. Sugesti itu beredar karena adanya kepercayaan jika sedang menstruasi maka pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar sehingga rentan mengalami sakit kepala.

Faktanya, menstruasi tidak berkaitan dengan seseorang perlu keramas atau tidak. Tidak dipungkiri jika selama menstruasi wanita memang akan merasakan hal-hal yang tidak nyaman seperti sakit kepala. Namun, sakit kepala tersebut berkaitan dengan premenstrual syndrome (PMS), bukan disebabkan oleh keramas. Keramas justru dibutuhkan untuk menjaga kebersihan organ tubuh. Kalau rambut bersih dan wangi, Anda tentu juga lebih nyaman dan percaya diri.

  1. Tidak boleh berenangInilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Sugesti salah yang keempat adalah tidak boleh berenang. Sugesti yang beredar tekanan air pada kolam renang dapat menghentikan siklus menstruasi. Padahal, berenang tidak akan menyebabkan apapun pada seseorang yang sedang menstruasi. Saat menstruasi, seseorang yang biasanya memilih untuk tidak berenang pada dasarnya karena rasa kurang nyaman. Namun, hal itu bukanlah persoalan besar yang harus diributkan.

  1. Tidak Boleh Tidur SiangInilah Sugesti Salah Tentang Menstruasi Yang Tersebar di Masyarakat

Sugesti salah yang kelima adalah tidak boleh tidur siang. Sugesti yang beredar jika seseorang yang sedang menstruasi tidur siang, aliran darah haidnya akan naik ke kepala. Fakta sebenarnya adalah, tidur siang justru sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang mengalami masa haid.

Dengan tidur siang yang cukup, berbagai masalah sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal sebagai PMS dapat diatasi.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini