Waspada Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh, Khususnya Pada Otak

Bagikan Artikel Ini

Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam dalam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya, Maka dari itu setiap hari kita dianjurkan untuk minum air putih yang cukup, Karena dehidrasi bisa berdampak bahaya bagi tubuh.

Apabila seseorang mengalami kekurangan cairan atau bisa di sebut dehidrasi, hal itu bisa berdampak buruk bagi tubuh seseorang. Salah satu ciri-ciri seseorang mengalami kekurangan cairan ringan adalah bibir kering atau pecah-pecah. Bila dibiarkan secara terus menerus dan disepelekan, maka akan menimbulkan efek lebih buruk dari itu.

Ada beberapa bahaya yang bisa dialami seseorang saat mengalami kekurangan cairan yaitu :

  1. Kotoran yang dikeluarkan tubuh keras, dan berbentuk seperti pelet.

Seorang dokter ahli Brenda Watson mengatakan, bila seseorang sudah mengalami dehidrasi, maka tinja yang akan dikeluarkan tubuhnya akan berbentuk seperti pelet, dan teksturnya cenderung keras. Ketika tubuh seseorang kekurangan cairan, kotoran yang ada di dalam tubuhnya mengendap di bagian usus besar sehingga kotoran tersebut akan sulit untuk dikeluarkan.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

  1. Mengalami Palpitasi.

Palpitasi adalah detak jantung yang meningkat dan tidak teratur. Harvard Medical School sudah mencatat jika seseorang mengalami dehidrasi, salah satu gejalanya yaitu aliran darah dan detak jantung semakin meningkat.Hal tersebut disebabkan oleh tekanan darah yang meningkat karena tubuh kekurangan cairan. Kemudian kadar elektrolit di dalam tubuh juga rendah. Sensasi yang dirasakan seseorang saat sedang mengalami paltipasi juga berbeda-beda, ada yang berdebar hingga bagian leher, ada yang merasakan detak jantungnya mati.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

Baca juga : Ternyata Dalam Obat juga Terdapat Kekuatan Sugesti Yang Menyembuhkan suatu Penyakit

  1. Dapat mengakibatkan kejang.

Dampak bagi seseorang yang mengalami kekurangan cairan adalah kejang. Hal tersebut bisa terjadi karena kadar elektrolit dalam tubuh menurun, itu dikarenakan tubuh mengalami kekurangan cairan. Elektrolit seperti natrium dan kalium bisa membawa sinyal elektrik pada sel-sel yang ada di dalam tubuh. Jika seseorang mengalami dehidrasi yang cukup parah, bisa mengakibatkan gagal jantung hingga kematian.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

  1. Mata dan pipi terlihat cekung.

Jika seseorang sudah mengalami dehidrasi, biasanya mata atau pipi akan terlihat lebih cekung. Tidak hanya cekung, di sekitar area mata akan menghitam dan kulit pada wajah akan terlihat semakin tirus dari biasanya.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

  1. Bisa merusak ginjal.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan bahaya bagi tubuh salah satunya adalah batu ginjal. Tahu nggak sih, kalau ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh, yang berfungsi sebagai penyaring dalam tubuh. Berdasarkan Mayo Clinic, kekurangan cairan yang dibiarkan secara terus menerus bisa mengakibatkan batu ginjal bahkan gagal ginjal. Hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang tua.

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

6. Bisa membuat otak juga Mengalami Dehidrasi

Kurang minum atau dehidrasi memiliki bahaya untuk tubuh khususnya otak, karena ternyata otak juga bisa mengalami yang namanya dehidrasi otak. Diambil dari intisari online, dijelaskan oleh dr. Pukovisa Prawiroharjo, Sp.S , staf pengajar neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), bahwa dehidrasi memang bisa mempengaruhi kondisi otak.

Sesungguhnya Sukses itu Bermula Dari Pikiran Kamu Rahasia Hidup Sukses

Dehidrasi ringan atau dehidrasi jangka pendek itu bikin kinerja otak kurang maksimal dan efisien.

Bahkan, kata Pukovisa, penyusutan volume otak dapat dikaitkan dengan dehidrasi ringan yang tidak diperbaiki alias dibiarkan terjadi terus-menerus. Sedangkan pada kondisi seseorang yang  mengalami dehidrasi sangat parah, dapat terjadi gangguan otak yang menyebabkan ia tidak sadarkan diri.

jadwal kelas amc
Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *