Sinetron itu (ternyata) penuh Sugesti Berbahaya

Bagikan Artikel Ini

imageKetika berbicara tentang sugesti yang berbahaya, maka kita harus mengenali terlebih dulu dengan benar apa sih sugesti itu, lalu dari mana saja sugesti-sugesti itu bisa memasuki ke pikiran kita. Sering kali saya mendapat pertanyaan dari banyak orang tentang bagaimana caranya menangani sugesti yang berbahaya agar tidak masuk ke diri kita, seperti baru saja saya mendapat telepon yang bertanya ke saya “pak firman, gimana caranya agar saya bisa menghindari sugesti-sugesti yang bisa melemahkan saya?”, kalau anda bertanya seperti ini maka saya menjawabnya “anda kenali dulu sugesti itu apa, pahami dulu dengan benar tentang sugesti, kalau sudah memahami dengan benar apa itu sugesti maka pasti bisa menghindari sugesti yang dianggap membahayakan”. Bapak ini menjawab “iya pak, saya belum tahu apa itu sugesti”.

Anda mungkin juga termasuk seperti bapak ini yang bertanya ke saya tadi. Tidak tahu dengan benar apa itu sugesti tapi sudah bingung mencari bagaimana caranya menghindari sugesti. Dan banyak artikel lain, atau buku-buku yang langsung menjelaskan cara menghindari sugesti-sugesti yang berbahaya, tetapi justru salah dalam memberikan pemahaman tentang sugesti. Segala informasi yang masuk ke pikiran kita melalui mata, telinga, sentuhan maka itu adalah sugesti. Ketika anda membaca buku, maka itu namanya tulisan dalam buku itu mensugesti anda. Lalu anda mendengarkan siaran radio, maka itu artinya siaran radio itu mensugesti anda juga. Termasuk ketika anda membaca tulisan-tulisan saya baik di web ini atau di www.firmanpratama.wordpress.com, ya itu memang saya sedang mensugesti anda. Tapi dengan sugesti yang baik dan positif kan hehe.

Oh, ya..bicara tentang cara menghindari sugesti saya ingat ketika kelas reguler Alpha Mind Control (AMC) di Jakarta, hari sabtu kemarin. Ada seorang peserta, seorang ibu, yang di awal kelas ketika saya tanyakan apa tujuannya belajar AMC, ibu ini menjawab bahwa dia ingin meningkatkan penghasilannya karena sekarang merasa sedikit penghasilannya. Seperti biasanya maka saya suruh ibu ini mengisi pre-test kuis bakat kaya, memang di kelas AMC pada awal nya selalu saya menyuruh peserta mengisi kuis bakat kaya untuk mengetahui program yang ada di pikiran orang sebelum mengikuti AMC. Saya juga ingin membuktikan ke peserta bahwa memang kaya dan miskin, sedikit atau banyaknya penghasilan seseorang itu tergantung dengan program di pikirannya.

rahasia-ilmu-sugesti

Lalu setelah sampai di pembahasan tentang hasil dari kuis bakat kaya, ibu ini tersenyum ketika dia menyadari bahwa ternyata banyak persepsi di pikirannya yang salah.Lalu ibu sempat keluar omongan “saya kebanyakan nonton sinetron ini pak firman, jadinya pikiran saya takut untuk kaya”. Saya pun tertawa saja ketika ibu ini bicara seperti itu “makanya bu, hati-hati kalau menonton sinetron, itu sugesti berbahaya, malah membuat seseorang jadi miskin lho bu”. Lalu dijawab “iya pak, bener..memang bahaya sinetron itu jadi bahaya seperti ini”

Mungkin anda juga penggemar tayangan sinetron? maka waspadalah, karena tayangan sinetron itu juga sebuah sugesti, ada sugesti yang baik tapi ada juga yang berbahaya. Bahkan dari pengalaman saya selama ini ketika memberikan kelas AMC bertemu dengan banyak orang, memang semuanya mengatakan bahwa persepsi di pikiran mereka terbentuk karena tayangan sinetron yang mereka lihat. Jadi kita harus cerdas ya memilih tayangan sinetron, memilih informasi atau memilih sugesti. Karena itulah yang membentuk persepsi di pikiran kita. Persepsi itulah yang membentuk realita dalam kehidupan kita. Sesuai tagline dalam AMC, “Change Your Perception to Change Your Life”.

Bagikan Artikel Ini
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *