Selain Virus Corona Kita “Wajib Waspada” juga Terhadap Penyebaran Hal Yang Satu ini !

Selain Virus Corona Kita “Wajib Waspada” juga Terhadap Penyebaran Hal Yang Satu ini !
Bagikan Artikel Ini

Diberbagai media saat ini sedang digencarkan anjuran untuk waspada terhadap penyebaran virus corona. Pergerakan manusia dibatasi. Termasuk dalam kegiatan Idul Fitri kali ini harus dilewati dengan suasana yang berbeda. Shalat Idul Fitri dianjurkan untuk dilakukan dirumah. Kegiatan mudik yang menjadi rutinitas kebanyakan masyarakat kita juga dilarang. Acara silaturahmu saat Idul Fitri juga dilakukan secara virtual. Terasa sekali perbedaannya. Semua upaya pembatasan pergerakan manusia itu dilakukan untuk memutus penyebaran virus corona. Karena jika banyak orang yang berkumpul dalam satu tempat maka dikhawatirkan terjadi penyebaran virus saat bertatap muka. Apalagi terindikasi banyak orang yang terpapar virus ini tanpa gejala (OTG). Tapi ada yang juga wajib kita waspada selain penyebaran virus corona. Apa itu?

Menangkal Penyebaran Virus

Sebuah virus corona memang bisa menyebar melalui manusia satu ke manusia lainnya. Penyebaran yang cukup masif melalui bersin, batuk dan juga droplet.

Memang kita harus waspada terhadap penyebaran virus. Tapi manusia adalah makhluk yang oleh Tuhan sudah dilengkapi sistem mekanisme penangkal virus. Yaitu sistem kekebalan tubuh. Atau kalau dalam bahasa kerennya adalah sistem imunitas tubuh. Tuhan Maha Baik ya dan Maha Sempurna dengan segala sistem mekanisme dalam tubuh kita ini. Sama seperti ketika dikantor kita ada yang sakit batuk pilek atau flu maka tentu tidak semua orang dikantor juga langsung sakit bukan? Yang terserang adalah orang-orang yang sistem imunitas tubuhnya memang lagi drop. Coba deh anda cek obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi flu. Dibungkusnya pasti tertulis “meredakan dan meringankan gejala Flu”. Tidak ada obat-obatan flu yang menuliskan “mengobati sakit flu”. Jadi yang menyembuhkan adalah sistem kekebalan tubuh kita sendiri.

Hubungan Kekebalan Tubuh dengan Kekuatan Sugesti

Selain dengan minum vitamin dan makan makanan yang bernutrisi cukup. Maka kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan menjaga kondisi pikiran agar selalu tenang, nyaman dan damai. Pikiran selalu tenang, nyaman dan damai jika diisi dengan sugesti-sugesti yang positif.

Tapi jika pikiran kita diisi dengan sugesti yang negatif dan menakutkan maka jadinya pikiran menjadi kacau dan stress. Kondisi ini juga bisa membuat imun tubuh kita drop dan akhirnya mudah terpapar dengan virus. Banyak penelitian dan artikel kesehatan yang menjelaskan bahwa jika pikiran itu kacau maka terjadilah stres. Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat mengganggu kerja sistem imun dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, upayakan untuk mengelola stres dengan baik supaya sistem imun Anda tetap terjaga dan kuat melawan infeksi virus Corona. Waspada terhadap penyebaran virus boleh, tapi kalau menjadi ketakutan dan paranoid maka itu bisa memicu stres.

Baca ini juga : Inilah Sugesti yang Bisa selalu Membuat Kita Sehat

Penyebaran Sugesti Negatif juga wajib kita waspada. Karena ketika sugesti negatif itu tersebar dan masuk ke pikiran anda dan banyak orang maka ini bukan hanya membuat imun lemah tapi berpengaruh kepada semua sisi kehidupan. Mau beraktivitas takut, mau belanja kebutuhan takut dan banyak ketakutan lainnya. Inilah yang justru membuat pikiran menjadi panik dan stres. Ketika panik ini terjadi kolektif maka situasi menjadi tidak kondusif. Mulai sekarang waspada bukan hanya penyebaran virus tapi juga dengan penyebaran sugesti negatif. Kalaupun sampai ke handphone anda maka STOP untuk meneruskan kepada orang lain. Jangan hanya menjadi pemutus penyebaran virus tapi juga perlu menjadi pemutus penyebaran sugesti negatif. Ingat pesan Ibnu Sina : “Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah langkah awal kesembuhan…” 

Seluruh tim Majalah Sugesti Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Minal Aidzin Wal Faidzin.

Bagikan Artikel Ini

majalahsugesti

Admin Majalah Sugesti adalah pengelola dari Website KekuatanSugesti.com, berbagi Inspirasi dan Solusi untuk Kehidupan Manusia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA