Kena Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Kena Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?
Bagikan Artikel Ini

Saat ini di Indonseia sudah memasuki musim hujan. Dan sebagian orang percaya bahwa air hujan dapat menyebabkan sakit, seperti flu, masuk angin, hingga diare. Bahkan ada pula yang menyatakan jika air hujan yang turun untuk pertama kalinya setelah kemarau panjang dianggap mengandung sejumlah penyakit. Lalu apakah benar terkena air hujan bisa membuat sakit, mitos atau fakta? Inilah penjelasnnya.

Menurut para ahli, segala hal yang sering Anda dengar soal kehujanan bisa membuat  sakit sebetulnya hanya mitos. Lalu kenapa banyak orang yang sakit saat musim hujan?

Saat seseorang kehujanan, saat itulah temperatur suhunya menurun. Apalagi jika pakaian yang Anda kenakan basah terkena air hujan, hal ini memungkinkan Anda terkena hipotermia karena kondisi badan kehilangan terlalu banyak suhu panas. Hipotermia memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang Anda terinfeksi virus lebih besar. Tak jarang hujan dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi dalam hal ini bukan penyebab langsung Anda sakit.

Jika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis. Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu. Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal.

Nah, agar tidak mudah sakit saat musim hujan lakukan 3 hal ini :

 

  1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh Anda bisa saja menurun jika bakteri, virus, parasit, dan jamur menyerang tubuh. Semua itu tentunya bisa membuat Anda menjadi lebih mudah sakit. Beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh Anda, seperti  mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang tidur, dan mengalami stres.

Kena Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Menjaga daya tahan tubuh bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, seperti cukupi kebutuhan cairan Anda, tidur yang cukup, konsumsi asupan sehat, minum suplemen, dan berolahraga.

Baca juga : Ternyata Inilah Yang Merusak Daya Tahan Tubuh Anda !

  1. Gunakan Pakaian Hangat

Kena Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Ketika Anda kehujanan, segera ganti baju basah Anda dengan baju yang hangat dan kering. Hindari memakai pakaian ketat, celana jeans, ataupun kaos. Pasalnya jamur membutuhkan dua hal utama untuk tumbuh, yaitu panas dan kelembaban. Ketika Anda menggunakan pakaian yang ketat hal tesebut membuat celah untuk mereka berhabitat.

 

  1. Isi Pikiran dengan Sugesti Positif

Sebenarnya kunci dari kesehatan Anda ada di dalam pikiran Anda. Pikiran Anda adalah sumber dari kehidupan Anda termasuk kesehatan Anda. Saat pikiran Anda berisi sugesti negative seperti “terkena air hujan bisa membuat sakit” pasti yang terjadi adalah Anda sakit saat kehujanan.

Jadi jika Anda ingin selalu sehat, maka isilah pikiran- pikiran Anda dengan sugesti – sugesti positif. Agar Anda lebih tahu kenapa pikiran sumber kesehatan, tonton video dibawah ini :

 

Nah, dari penjelasan diatas bisa dipastikan jika sakit karena kehujanan itu adalah mitos. Jadi, sebenarnya kehujanan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan bila daya tahan tubuh kita dalam kondisi yang cukup baik dan pikiran kita teriisi dengan sugesti-sugesti positif. Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

1
×
Langsung Chat Via WA