6 Makanan Ini Memiliki Sugesti yang Menyebabkan Sakit Migrain

Bagikan Artikel Ini

Migrain adalah sakit kepala intens yang parah dan sering kali membuat penderitanya tidak berdaya. Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras. Kondisi ini biasanya memengaruhi satu sisi kepala saja. Ada beberapa makanan yang dipercaya memiliki sugesti untuk menyebabkan sakit migrain.

Sampai saat ini para peneliti belum mengetahui penyebab pasti migrain. Namun, para ahli menduga bahwa migrain adalah gangguan sistem saraf (neurologis) turunan. Jika salah satu pihak orangtua Anda memiliki riwayat serangan migrain, Anda berisiko juga untuk mengalaminya.

Tetapi pola hidup sehat, olahraga teratur, jam tidur yang cukup dan menghindari makanan yang memiliki sugesti menyebabkan migrain bisa mencegah serangan migrain.Apa saja sih itu? Nah, berikut beberapa makanan yang memiliki sugesti menyebabkan migrain.

  1. Kopi

Hasil gambar untuk kopi
Kopi bisa disebut sebagai makanan yang dapat menyebabkan sakit migrain karena adanya kandungan kafein didalamnya. Maka bisa dikatakan juga jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan migrain. Kafein yang ada dalam kopi bisa menyebabkan sakit kepala beberapa jam setelah kamu meminumnya. Kafein akan memicu sakit migrain ketika dikonsumsi di waktu yang tidak tepat.

 

  1. MSG

Hasil gambar untuk msg

Monosodium glutamat atau kerap disingkat MSG adalah penguat rasa makanan yang banyak ditemui di Asia. Zat ini berupa kristal halus mirip garam yang bisa membuat hidangan terasa lebih gurih dan sedap. MSG sendiri terbuat dari campuran sodium dan asam glutamat. MSG disebut sebagai salah satu makanan dapat menyebabkan sakit migrain karena asam glutamat yang diyakini bisa membuat pembuluh darah kamu menyempit lalu melebar. Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah inilah yang membuat kepala kamu terasa nyeri dan mengakibatkan migrain.

  1. Kacang dan biji-bijian

Gambar terkait
Camilan gurih yang satu ini ternyata bisa menyebabkan migrain setelah 12 jam kamu mengonsumsinya. Meskipun kamu hanya memakan kacang sebanyak satu genggaman tangan, ternyata tetap bisa menyebabkan migrain. Kandungan tanin pada kacang ini merupakan salah satu pemicu migrain.

  1. Keju

Hasil gambar untuk keju

Keju sering disebut makanan yang dapat menyebabkan migrain, terutama jika keju yang sudah berusia. Maka pilihan yang terbaik adalah untuk menjauh dari keju tua, karena lebih mungkin menyebabkan migrain atau sakit kepala karena tyramine yang terbentuk di dalam protein keju yang rusak dari waktu ke waktu. Tingginya kadar tiramin yang terkandung dalam keju dapat masuk ke dalam darah dan tingginya kadar zat kimia di dalam otak inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai perubahan di dalam otak dan menyebabkan nyeri kepala.

  1. Alkohol

Hasil gambar untuk alkohol

Alkohol terutama anggur merah dapat menjadi penyebab migrain karena mengandung fenol, yang merupakan fitokimia yang ditemukan dalam anggur merah. Selain itu, bahan kimia lain yang ditemukan dalam bir, wiski, dan anggur tingkat pelepasan atau serotonin yang dapat memicu migrain. Menurut sebuah peninjauan oleh para peneliti di Brasil, para penderita migrain mengatakan bahwa alkohol dapat memainkan peran dalam serangan mereka sekitar 30% kali atau lebih.

baca juga : 5 Cara Sederhana untuk Mewujudkan Impian Anda Secara Ajaib

  1. Buah jeruk

Hasil gambar untuk jeruk

Salah satu jenis buah ini masih diperdebatkan oleh beberapa peneliti. Mereka telah menemukan hubungan antara migrain dan jeruk, sementara yang lain tidak. Sangat memungkinkan jika buah jeruk dapat memicu migrain jika dilihat dari beberapa pengakuan penderitanya. Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, lemon dan semua mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya penyebab migrain pada beberapa masyarakat.

jadwal kelas amc
Bagikan Artikel Ini