3 Hormon dalam Tubuh ini Dipercaya Bisa Mendorong Perasaan Bahagia

3 Hormon dalam Tubuh ini Dipercaya Bisa Mendorong Perasaan Bahagia
Bagikan Artikel Ini

Perasaan bahagia itu diiringi oleh munculnya hormon-hormon dalam tubuh. Hormon tersebut diteliti dan terbukti bisa mendorong perasaan bahagia. Tentu kita semua mengetahui bahwa perasaan bahagia itu bisa menaikkan sistem imun dalam diri. Sehingga lebih kuat dalam menghadapi serangan virus yang dapat membuat tubuh sakit.

mendorong perasaan bahagia

Sistem endokrin, atau sistem hormon, melepaskan beraneka hormon ke aliran darah. Hormon ini menjalankan fungsi penting untuk kinerja tubuh. Mulai dari sistem reproduksi hingga suasana pikiran.

3 Hormon Mendorong Perasaan Bahagia

Di antara banyak hormon tersebut, ada tiga hormon yang umumnya dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Sesuai namanya, hormon-hormon ini mampu mendorong perasaan bahagia dan kesenangan diri. Keseimbangan hormon-hormon tersebut berkaitan dengan suasana pikiran, dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jika terganggu keseimbangannya.

Baca juga : 4 Manfaat Kekuatan Cinta untuk Kesehatan Pikiran

Berikut adalah 3 jenis hormon  yang bisa mendorong perasaan bahagia dalam tubuh dan tentu menaikkan sistem imun tubuh.

  1. Dopamin, hormon ini bisa membuat tubuh lebih bergairah dan termotivasi. Hormon ini dikenal dengan kode kimia adalah C8H11NO2. Hormon ini bisa dipicu dengan merayakan pencapaian baik itu yang besar maupun kecil. Makan banyak yang mengandung protein. Dan Rutin berolahraga.
  2. Serotonine, hormon ini mampu membuat pikiran merasa bahagia dan mengurangi rasa sakit. Hormon ini dikenal dengan kode kimia C10H12N2O. Hormon ini bisa dipicu dengan meditasi, berjemur sinar matahari dan jalan santai diudara segar.
  3. Oxytocin, hormon ini mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan lebih peka dengan kondisi sosial. Hormon ini dikenal dengan kode kimia C43H66N12O12S2. Hormon dipicu dengan bermain bersama anak kecil, bermain bersama hewan peliharaan dan memberi hadiah pada seseorang.

Ternyata inilah alasan ilmiah kenapa berpikir yang menyenangkan dan bahagia itu membuat imun menjadi lebih kuat. Karena Tuhan sudah memberikan hormon dalam tubuh kita untuk muncul dan menjaga keseimbangan tubuh kita. Coba perhatikan semua hal yang bisa memicu munculnya 3 hormon yang mendorong perasaan yang bahagia itu adalah aktivitas yang menyenangkan.

Seolah Tuhan ingin berpesan kepada kita bahwa lakukan hal yang menyenangkan saja selama didunia, tidak perlu berpikir yang susah atau jelek. Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan maka 3 hormon tadi bisa muncul dan mendorong perasaan bahagia selalu menyelimuti hidup ini.

Pikiran yang bahagia maka sistem imun atau kekebalan tubuh meningkat maka tubuh menjadi selalu sehat. Jadi mau pilih mana? mau berpikir yang sedih atau berpikir bahagia?

Bagikan Artikel Ini

majalahsugesti

Admin Majalah Sugesti adalah pengelola dari Website KekuatanSugesti.com, berbagi Inspirasi dan Solusi untuk Kehidupan Manusia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA