Ternyata Pelukan Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak. Orang Tua Wajib Baca !

Bagikan Artikel Ini

Berbagai cara orang tua mengungkapkan rasa sayang kepada anak seperti, menjemput anak sekolah, mengajak anak bermain, membelikan mainan yang mahal, ataupun memberi makanan bergizi pada buah hati. Namun, tidak banyak orang tua yang tau pentingnya mengungkapkan rasa sayang melalui pelukan. Sebagian orang tua menyepelekan hal ini, padahal memberikan pelukan kepada anak sangatlah penting. Selain membuat Ibu dan anak sama-sama merasa nyaman, banyak manfaat lainnya dari pelukan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat pelukan untuk anak.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Mengasuh anak dengan pelukan menjadi cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tekanan lembut pada tulang dada menciptakan stimulasi pada kelenjar thymus yang mengatur dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh, dan ini dapat membantu menjaga anak tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Ternyata Pelukan Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak. Orang Tua Wajib Baca !

Selain itu penelitian juga membuktikan kalau mengasuh anak dengan lebih banyak melibatkan kontak kulit dengan orangtua sejak lahir, membuat anak punya tingkat kortisol (hormon stres) lebih rendah. Inilah kenapa banyak tenaga kesehatan yang menyarankan orangtua dari bayi prematur untuk sering menggendong anaknya di ruang NICU, karena ini terbukti membantu menurunkan tingkat stres pada bayi.

  1. Pelukan Menghentikan Tantrum

Pelukan saat mengasuh anak juga bagus untuk kesehatan emosi anak. Tidak ada yang  bisa menenangkan anak yang tantrum selain pelukan hangat dari ibu. Banyak orangtua khawatir kalau memeluk anak yang tantrum berarti membuat mereka senang dan akan diartikan kalau kita memberi reward untuk perilaku buruknya. Tapi sebenarnya tidak demikian.

Ternyata Pelukan Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak. Orang Tua Wajib Baca !

Baca juga : Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Ketika batita mengalami tantrum, mereka tidaklah menjadi anak yang nakal dan keras kepala. Mereka hanya tidak mampu mengontrol emosi dan dirinya. Kita harus mengerti hal ini saat mengasuh anak.

Memeluk saat mengasuh anak akan memicu pelepasan hormon oksitosin yang bisa menurunkan tingkat hormon stres dan mengatasi efek kecemasan.

  1. Membuat Anak Tambah Pintar

Manfaat memeluk anak bukan hanya sekadar menunjukkan kasih sayang. Nyatanya dengan memeluk, hal tersebut bisa berdampak pada perkembangan otak mereka. Penelitian mengungkapkan, kalau orang tua yang menunjukkan rasa cintanya lewat pelukan dapat memberikan kesan lingkungan yang aman dan kasih sayang juga untuk anak.

Ternyata Pelukan Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak. Orang Tua Wajib Baca !

Selain itu, otak mereka akan lebih berkembang jika dibandingkan dengan anak yang jarang dipeluk. Meskipun hal ini bukan berarti bisa meningkatkan IQ mereka, pelukan orang tua bisa memaksimalkan cara kerja dan perilaku mereka. Memeluk anak secara rutin, akan berdampak baik untuk masa depan, lingkungan dan perilaku mereka dewasa nanti.

 

Yuk peluk anak sesering mungkin, setidaknya satu kali dalam sehari. Peluklah anak kapan saja dan di mana saja Anda merasa ingin melakukannya. Semakin sering Anda memeluk anak Anda semakin besar manfaat yang akan anak Anda dapat.

amc-oktober
Bagikan Artikel Ini