Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Bagikan Artikel Ini

Setiap orangtua, ingin sang anak bahagia. Segala upaya, dilakukan orangtua demi kebahagiaan anak. Orangtua memang tak hanya mengharapkan anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang pandai, namun, sudah menjadi keinginan terbesar bagi orang tua untuk dapat melihat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia. Lalu, seperti apa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anaknya bahagia? Lakukan inspirasi ini untuk membuat anak Anda bahagia .

Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Apakah dengan memberikan berbagai barang bagus? Atau, mengikuti setiap permintaan anak? Tentu tidak. Cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membesarkan anaknya menjadi pribadi yang bahagia adalah dengan menerapkan pola pengasuhan yang benar. Kuncinya terletak pada gaya parenting orangtua, karena pengaruh lingkungan dimana anak tumbuh dan berkembang adalah faktor yang paling berperan dalam membentuk kepribadian dan mental seorang anak.

Dibawah ini beberapa inspirasi yang perlu diterapkan orangtua untuk membuat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bahagia.

  1. Ajari anak tentang kasih sayangLakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Ajarkan kepada anak tentang kasih sayang dan bagaimana caranya memberi kasih sayang. Tunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak Anda setiap hari. Jangan ragu untuk mengucapkan kata-kata sayang kepada anak Anda. Jangan hanya sekedar merasa sudah mencintai anak. Namun, pastikan bahwa anak Anda tahu dan merasakan bahwa dirinya dicintai oleh orangtuanya. Hal ini pastinya akan membuat anak menjadi pribadi yang bahagia karena merasa dicintai dan diterima.

  1. Orangtua harus bisa mengenal anak

Banyak orangtua yang merasa bahwa mereka telah mengenal anak-anak mereka. Namun, faktanya sebagian besar orang tua hanya telah “merasa” mengenal anak, bukan “benar-benar” mengenal anak-anak mereka. Orang tua selalu beralasan melakukan apapun demi kebaikan dan kebahagiaan anak. Padahal, belum tentu orangtua tahu apa yang sebenarnya diinginkan anak-anaknya.

Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Orangtua seharusnya dapat benar-benar mengenal anaknya. Mengenal apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anak, mengenal seperti apa karakter anak, mengetahui dan memahami perasaan anak. Orangtua juga perlu mengarahkan hal-hal yang bisa membangkitkan potensi anak dan mendukung aktivitas positif yang membahagiakan anak, bukan hanya yang membahagiakan orangtua.

  1. Biarkan anak berekspresiLakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Yang dimaksud membiarkan anak berekspresi di sini bukanlah membiarkan anak melakukan apapun yang mereka sukai. Namun, memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk mengeskpresikan apa yang menjadi keinginan dan cita-citanya. Mengeskpresikan ide-ide kreatifnya, mengekspresikan suara dan pendapatnya. Hal ini baik untuk semakin mengasah daya kreativitas anak. Anak tidak tertekan, lebih bahagia, dan bisa menikmati pilihannya. Andaikan pun pilihan anak salah, bukan berarti Anda harus menghakimi anak. Berikan penjelasan kepada anak Anda kenapa hal tersebut salah.

  1. Menjaga kedekatan dan kehangatan hubungan orangtua-anak

Hubungan yang dekat antara anak dan orangtua merupakan modal yang sangat penting bagi anak. Kedekatan dan kehangatan hubungan orangtua-anak akan menciptakan kelancaran komunikasi antara orangtua-anak. Sehingga, saat anak menghadapi problem dan kendala dalam hidupnya, orangtua tidak berdiri di hadapan anak sebagai “hakim” melainkan berdiri di dekat anak untuk memberikan support ke anak.

Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Kedekatan dan kehangatan dengan anak juga akan menumbuhkan rasa aman dalam diri anak. Perasaan aman dan nyaman tersebut membuat anak menjadi lebih positif dan lebih bahagia dalam hidup.

Baca juga : Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Banyak bermain dengan anak

Dunia anak adalah dunia bermain. Dengan bermain anak akan menjadi lebih ceria dan bahagia. Dengan bermain pun anak akan menjadi pintar dan kreatif karena ia bisa belajar banyak hal dari aktivitasnya saat bermain. Permainan yang dibutuhkan anak bukan hanya aneka permainan atau barang-barang yang katanya edukatif untuk anak. Anak-anak juga butuh Anda, yaitu orangtuanya sebagai hal favorit yang paling disukainya.

Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Seorang anak merasa bahagia saat bermain bersama orangtua, bahkan lebih bahagia dari ketika mereka bermain bersama adik atau kakaknya.

  1. Memelihara keharmonisan Ayah dan Ibu sebagai pasanganLakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Keharmonisan Ayah-Ibu sebagai pasangan juga berperan penting untuk mewujudkan kebahagiaan anak. Banyak kasus anak tumbuh menjadi pribadi yang terganggu secara psikologis akibat keretakan hubungan Ayah-Ibunya. Bila setiap hari yang disuguhkan kepada anak adalah pertengkaran dan perselisihan orangtua, tentunya hal itu pulalah yang akan tertanam dalam diri anak dan menjadi contoh bagi anak untuk cenderung mudah melakukan pertengkaran dan perselisihan. Kehangatan dan keharmonisan dalam keluarga tentunya penting dan bermanfaat bagi perkembangan mental dan psikologis anak.

  1. Menjadi orangtua yang bahagia.Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

Orangtua yang bahagia dapat menularkan kebahagiaannya kepada anak sehingga tercipta rantai kebahagiaan dalam keluarga.

 

 

Bagikan Artikel Ini