Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman

Bagikan Artikel Ini

Puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim. Karena itu berpuasa harus diajarkan sejak dini. Tapi perlu diingat bahwa melatih anak puasa Ramadhan tidak sama dengan mewajibkan mereka berpuasa seperti puasa yang dilakukan oleh orang dewasa. Namanya juga latihan, tentunya semua hal harus dilakukan secara bertahap. Mengajarkan puasa pada anak tentu tidak mudah, sebab banyak tantangan yang akan di lalui oleh orang tua dalam memberikan pemahaman puasa pada si anak. Simak tips mendidik anak berpuasa menurut Surah Al-Luqman.

Menasihati anak agar mau berpuasa bisa dilakukan dengan cara khusus. Dalam surah Luqman, Allah SWT memberi petunjuk tentang cara orangtua mendidik anaknya. Berikut adalah tipsnya.

  1. Menjelaskan tentang kewajiban bersyukur melalui puasa.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS. Luqman, 31:12)

Berpuasa mengajarkan anak untuk belajar bersyukur dalam hidup. Rasa lapar dan haus yang dirasakan sepanjang hari membuat anak mengerti apa yang dirasakan fakir miskin saat kelaparan. Ini membuat anak memupuk rasa syukur dan menghargai apapun nikmat yang Allah berikan.

  1. Memberi pelajaran tentang kewajiban menyembah Allah dengan berpuasa.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman, 31: 13)

Saat mendidik anak berpuasa, Anda bisa memberi pengertian bahwa manusia berkewajiban menyembah Allah dan dilarang menyekutukan Allah. Menyembah Allah dapat dilakukan dengan melaksanakan perintahnya. Dan berpuasa merupakan salah satu perintah wajib dilakukan.

  1. Memberi pengertian bahwa berpuasa adalah salah satu bakti pada orangtua.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman, 31: 14)

Berikan pengertian kepada anak salah satu cara berbakti kepada orangtua adalah dengan berpuasa. Katakan kepada anak Anda berpuasa adalah salah satu tanda anak sholeh, dan semua orangtua menginginkan anak yang sholeh. Jangan lupa berikan anak pujian lebih jika anak berhasil melaksanakan puasanya dengan baik.

Baca juga :Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

  1. Menjelaskan pahala kebaikan dalam puasa

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. Luqman, 31: 16)

Saat berpuasa, kegiatan yang dilakukan banyak mengandung kebaikan. Ketika anak berpuasa, ajarkan bahwa perbuatan baik akan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.

  1. Mengajarkan bersabar dan mengerjakan yang makruf melalui puasa.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Luqman, 31:17)

Berpuasa melatih kesabaran pada anak. Haus dan lapar yang dirasakan saat puasa mengajarkan arti kesabaran untuk anak. Mengajari anak perbuatan baik saat puasa akan menambah pahala. Beri pengertian bahwa kita sebagai manusia harus memanfaatkan bulan Ramadan ini dengan perbuatan yang makruf. Rasa lemas saat puasa harus dihadapi dengan sabar dan penuh semangat.

  1. Mendidik agar tidak sombong dengan berpuasa.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. Luqman, 31:18)

 

Berpuasa mendidik anak agar memahami apa yang dirasakan orang miskin. Hal ini baik agar anak tidak berlaku sombong dan membanggakan diri. Anak jadi lebih tahu kedudukan manusia di hadapan Allah itu sama. Kesombongan hanya ada dalam diri manusia yang tidak baik.

  1. Mencegah anak bermulut kasar dan suka mem-bully dengan puasa.

Tips Mendidik Anak Berpuasa Menurut Surah Al-Luqman
Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (QS. Luqman, 31:19)

Dalam berpuasa anak diajarkan untuk menjaga hawa nafsunya. Tidak boleh membully dan menghina orang lain agar puasa tidak batal merupakan contohnya. Ini baik untuk mendidik akhlak anak. Ajarkan anak bahwa saat berpuasa kita harus mencintai sesama. Jangan menghardik orang lain dan menyakiti orang lain.

Bagikan Artikel Ini