Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

Bagikan Artikel Ini

Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Anak dengan otak yang cerdas dan berprestasi menjadikan orang tua sangat bangga akan dirinya. Masa pertumbuhan anak dari bayi sangat mempengaruhi perkembangan otaknya. Nutrisi dan gizi yang cukup dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak. Kandungan nutrisi idealnya terkandung di dalam setiap makanan. Akan tetapi, ada beberapa makanan tertentu yang memiliki sugesti untuk meningkatkan kecerdasan anak. Makanan tersebut dijuluki sebagai “Brain Food”.

Kemampuan otak anak harus dioptimalkan orang tua sebaik mungkin sedari dini. Perkembangan otak yang baik akan membantu anak memiliki memori otak dan keterampilan yang baik pula. Namun, jika perkembangan otak anak yang kurang baik, maka seorang anak akan memiliki daya pikir yang lemah sehingga ia akan kesulitan dalam menghafal sesuatu.

Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

Nutrisi dan gizi yang cukup dapat mengoptimalkan kemampuan otak anak. Kandungan nutrisi idealnya terkandung di dalam setiap makanan. Akan tetapi, ada beberapa makanan tertentu yang memiliki sugesti untuk meningkatkan kecerdasan anak. Makanan tersebut dijuluki sebagai “Brain Food”.

Berikut beberapa makanan yang memiliki sugesti dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

  1. Sayuran Berwarna

Tomat, wortel, kubis, labu, brokoli adalah beberapa sayuran berwarna yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Sayuran-sayuran ini bahkan sangat baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Sayuran juga memiliki sugesti bisa mencegah beragam penyakit salah satunya kanker.

Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Telur

Telur dikenal sebagai sumber makanan kaya protein yang mudah didapat dan terjangkau bagi semua kalangan. Bagian kuning telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan perkembangan daya ingat atau memori.

Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Ikan

Makanan yang mencerdaskan otak anak lainnnya adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik buat kecerdasan juga kesehatan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik buat tumbuh kembang anak.Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

Seperti Salmon. Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik. Menurut penelitian, orang dengan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak akan mendapatkan hasil memuaskan saat menjalani uji kemampuan dan juga berpikiran lebih tajam. Kandungan yodium pada ikan salmon juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, dan menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.

Baca juga : Sampaikan 3 Sugesti Ini Kepada Anak Anda Agar Mereka Selalu Semangat Belajar

  1. Susu atau olahannya

Susu dan olahannya sangat baik dalam mencerdaskan otak anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel di otak.Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Daging Sapi tanpa Lemak

Salah satu sumber makanan yang memiliki sugesti mencerdasan otak adalah daging sapi tanpa lemak. Zat besi banyak terkandung pada daging sapi tanpa lemak. Mineral esensial ini penting untuk membantu anak tetap berkonsentrasi dan tetap memiliki energi ketika beraktivitas di luar rumah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral esensial lain seperti seng yang dapat membantu anak menjaga daya ingat.Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki sugesti memberikan banyak energi, seperti karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak karena asupan makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Sugesti yang tersebar asam lemak omega-3 lebih banyak terkandung pada kacang pinto dan kacang merah dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.

Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

  1. Gandum Murni

Saat tubuh memerlukan energi yang cukup untuk bekerja optimal, otak pun juga demikian. Energi yang diperolah dari karbohidrat akan dialirkan oleh darah menuju otak dalam bentuk glukosa. Sumber karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lambat dan energi kita akan terjaga sepanjang hari. Gandum utuh akan membantu kita mengontrol kadar glukosa karena memiliki indeks glikemik rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa energi akan meningkatkan kekuatan otak. Hasil penellitian menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang selalu sarapan mampu meraih nilai yang lebih tinggi dalam mengerjakan tes memori dan penyelesaian masalah.Orang Tua Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Memiliki Sugesti Mencerdaskan Anak

jadwal kelas amc

 

Bagikan Artikel Ini