Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Bagikan Artikel Ini

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib dikuasai mengingat akan pentingnya bahasa ini dalam dunia akademis maupun bidang kehidupan lainnya. Membiasakan anak belajar bahasa Inggris sedari masih kecil akan jauh lebih baik dibandingkan ketika anak sudah dewasa. Memang mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah itu susah-susah gampang. Tapi kalau sudah tahu trik yang tepat, anak bisa lebih tertarik untuk terus belajar bahasa Inggris. Gak perlu bingung gimana caranya, berikut adalah lima tips efektif mengajarkan anak bahasa Inggris sedari kecil di rumah.

  1. Jadikan belajar bahasa Inggris menjadi kegiatan menyenangkan

Menjadikan anak-anak senang mempelajari sesuatu memang bukanlah hal yang mudah. Untuk menyiasati hal tersebut jadikan belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bermain?  Ya, bermain merupakan cara belajar asik dan menyenangkan untuk anak-anak. Siapa yang tak suka bermain? Ada banyak format permainan yang bisa dimainkan anak-anak dalam belajar bahasa Inggris.

Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Tentunya, setiap orang tua memiliki kebijakan masing-masing tentang jenis permainan yang boleh dimainkan oleh anak. Usia anak tentunya akan mempengaruhi keputusan ini. Untuk anak balita, mungkin permainan yang bisa disentuh seperti boneka tangan akan lebih sesuai. Anda bisa membuat percakapan lucu antara anak dan boneka. Untuk anak yang lebih besar, permainan board game seperti scrabble atau bingo bisa jadi pilihan seru untuk belajar bahasa Inggris.

 

  1. Gunakan situasi sehari-hari sebagai peluang belajar hal baru

Memanfaatkan situasi sehari-hari dengan mendeskripsikannya dalam bahasa Inggris akan membuat belajar bahasa menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan anak terbiasa berbicara topik apapun dengan latihan berbicara di setiap situasi dan kondisi sehari-hari.

Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Orangtua harus selalu mendorong anak berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan memperkenalkan pada benda-benda di sekitar mereka sejak awal misalnya ketika sedang mengajak anak masak bersama maka orangtua dapat menjelaskan kepada anak tentang fungsi dari peralatan dapur di sekitarnya dengan kalimat pendek agar mudah diingat.

Baca juga :Lakukan Inspirasi Ini Agar Anak Bahagia, Kebahagiaan Anak Mempengaruhi Kedewasaanya !

  1. Rutin berbahasa Inggris

Salah satu kunci kesuksesan mencapai sesuatu adalah dengan melakukan sesuatu yang ingin dicapai secara rutin dan persisten. Oleh karena itu, cara terbaik agar anak bisa berbahasa Inggris adalah berlatih setiap hari. Misalnya, percakapan sederhana sehari-hari di rumah bisa juga digunakan sebagai kesempatan untuk mendukung proses belajar anak.

Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Contohnya, “Which of these two pants do you want to wear today?” Jika anak masih malu-malu untuk menjawab, Anda bisa memberikan pilihan. Misalnya, “The blue one? Or the black one?” Selalu ingatkan anak satu hal yang sangat penting: jangan pernah takut untuk salah. Dengan tahu kesalahan justru akan membuat kita belajar melakukan hal yang lebih baik dan benar, bukan?

 

  1. Gunakan topik atau minat yang disukai anak

Anak-anak pasti memiliki topik yang diminati atau hal-hal tertentu yang disukai, misalnya senang bernyanyi, mendengarkan lagu, atau membaca buku. Oleh karenanya, orangtua perlu mengeksplor minat anak sehingga mengetahui permainan, lagu, atau kegiatan apa yang akan memotivasi mereka untuk belajar.

Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Contohnya jika anak memiliki minat pada membaca buku maka membiasakan anak membacakan buku cerita bergambar berwarna cerah adalah cara yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris karena akan mengembangkan keterampilan mendengarkan dan membaca.

 

  1. Jangan terpaku pada tata bahasa (grammar)

Inspirasi Asik dan Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak di Rumah

Kesalahan tata bahasa (grammar) adalah hal lumrah yang banyak dilakukan oleh banyak orang bahkan seorang native apalagi anak yang baru belajar. Sebagai orangtua, Anda tidak perlu terus-menerus memperbaiki kesalahan tersebut dan membiarkan kesalahan kecil yang dilakukan anak agar anak berani berbicara, mengekspresikan diri mereka serta tidak kehilangan minat belajar bahasa Inggris. Orangtua tentunya perlu memperbaiki kesalahan tersebut namun jangan terlalu fokus untuk menunjukkan kesalahan dan bersikap sabar.

 

Nah, itulah beberapa inspirasi asik mengajarkan bahasa Inggris kepada anak. Memang gampang-gampang sulit menerapkannya, namun dengan membiasakannya anak berbahasa Inggris sedari kecil pasti kelak sang anak akan jago berbahasa Inggris ketika dewasa. Gak ada salahnya kok buat dicoba!

Bagikan Artikel Ini