3 Langkah Penting Mengendalikan Keuangan Dikala Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

3 Langkah Penting Mengendalikan Keuangan Dikala Ramadhan di Tengah Pandemi Corona
Bagikan Artikel Ini

Hari ini merupakan awal puasa Ramadhan 1441 Hijriyah. Berbeda dari Ramadhan tahun- tahun sebelumnya, ramadan tahun ini bakal terasa sangat berbeda sejak terjadinya wabah virus corona( covid19). Tantangan puasa tidak lagi hanya menahan diri dari godaan makan serta minum, bergosip( ghibah) namun pula wajib menyesuikan diri buat bekerja, belajar serta beribadah dari rumah. Tidak hanya itu urusan mengelola uang di tengah pandemi corona juga jadi tantangan tersendiri. Ayo ikuti 3 trik instan mengendalikan uang saat Ramadan dikala pandemi covid19 berikut ini.

 

  1. Tetap Tenang

Langkah awal yang harus Kamu jalani ialah tetap tenang. Pandemi Corona tidak cuma berlangsung di Indonesia, melainkan pula diberbagai belahan dunia. Dikala ini pemerintah menghimbau masyarakatnya buat jaga jarak serta dirumah saja. Selaku penduduk Negara yang baik pasti Kamu wajib mematuhinya. Tetapi, jangan sampai hal tersebut mendesak Kamu melaksanakan aksi memborong belanjaan alias panic buying.

3 Langkah Penting Mengendalikan Keuangan Dikala Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Kamu tidak butuh melakukan panic buying, dimana Kamu menimbun beberapa barang dalam jumlah banyak agar bisa berjaga- jaga. Panic buying bakal membuat pengeluaran Kamu membesar, sementara itu belum pasti beberapa barang yang Kamu beli bakal terpakai di kemudian hari.

 

  1. Buat Anggaran Belanja Bulanan

Disaat puasa bukan rahasia umum lagi bila kita mudah lapar mata. Disaat berbuka tentu terselip perasaan mau makan ini itu. Jelas, perihal ini dapat memicu keborosan terlebih bila makanan yang telah dibeli tidak mampu dihabiskan.

Jadi Kamu harus membuat anggaran spesial buat membeli kebutuhan pokok selama satu bulan. Utamakan buat membeli hal- hal yang sangat berarti terlebih dulu dengan jumlah yang memanglah cocok dengan kebutuhan.

3 Langkah Penting Mengendalikan Keuangan Dikala Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Dalam keadaan karantina mandiri, yang wajib ada di rumah Kamu yaitu bahan- bahan makanan setiap hari buat Kamu serta keluarga, perlengkapan mandi, perlengkapan buat mensterilkan rumah, dan obat- obatan mendasar. Pastikan Kamu membeli semua itu dalam kuantitas yang pas.

Ingat ya, strategi ini terkesan simpel tetapi efisien buat mengetahui kebutuhan hidup selama masa beraktifitas di rumah saja. Coba jalani hal ini, serta rasakan perbedaannya. Kalian bakal bebas dari sifat impulsif serta boros kala terbiasa belanja bersumber pada catatan belanjaan.

 

Baca juga : Ini yang Biasa Dilakukan Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan 

 

  1. Senantiasa Menabung serta Investasi

Sepanjang bulan Ramadan ini, yakinkan keadaan tabungan serta investasi senantiasa nyaman. Apabila kalian susah menabung serta tidak memiliki investasi, maka mulailah bulan ini.

Karna adanya peraturan pemerintah, sudah satu bulan ini seluruh kegiatan dilakukan dirumah termasuk bekerja. Nah, uang yang tersisa karna tidak Kamu gunakan buat transportasi ataupun pengeluaran hiburan seperti nangkring di kafe ataupun nonton ke bioskop bisa digunakan sebagai bonus tabungan Kamu.

3 Langkah Penting Mengendalikan Keuangan Dikala Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Kamu wajib mempersiapkan diri buat seluruh pengeluaran yang bersifat dadakan dalam keadaan semacam ini, serta tidak lupa wajib berkomitmen buat tidak mengenakan tabungan tersebut buat keperluan lain yang tidak sangat penting.

 

Seperti itu langkah penting yang wajib Kamu jalani buat mengendalikan keuangan dikala Ramadhan ditengah pandemic corona. Mudah – mudahan bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA