Ini yang Biasa Dilakukan Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

Bagikan Artikel Ini

Supaya menjadi seseorang yang kaya kita membutuhkan kemampuan dalam mengelola keuangan. Tetapi masih banyak orang yang kesulitan dalam mengatur keuangan. Mungkin Anda salah satunya? Nah, untuk Anda yang masih mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, ada baiknya untuk coba menerapkan beberapa aturan keuangan yang biasa dilakukan orang kaya.

Ini yang Biasa Dilakukan Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

  1. Tetapkan anggaran dan patuhi

Ini terdengar klise tetapi menetapkan anggaran yang jelas pada hari gajian Anda dan berpegang teguh pada itu akan membantu Anda menghemat banyak uang. Anda bisa mencoba mengaudit sendiri pendapatan vs. pengeluaranmu. Coba anggarkan dengan aturan 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan lain dan 20% untuk tabungan.

  1. Mendahulukan tagihan

Orang kaya memahami pengeluaran tetap yang harus dia bayar dengan segera. Ini adalah salah satu hal yang dilakukan oleh mereka yang pandai mengelola keuangan. Dengan aturan membayar tagihan tepat waktu melalui sistem otomatis sehingga mereka memiliki pandangan yang jelas tentang bagaimana menghabiskan sisa uang mereka.

Baca juga : Seberapa Cerdas Dirimu Mengatur Uang Berdasar Sugesti dari Zodiak?

  1. Mengumpulkan uang sisa kembalian

Banyak orang membenci uang receh. Setelah Anda menjatuhkan koin dari dalam saku atau tas misalnya, mungkin Anda lebih memilih untuk melupakannya. Padahal, setiap rupiah uang yang Anda simpan dapat menjadi tabungan yang menumpuk dan bisa Anda gunakan.

Mulai sekarang simpanlah uang sisa belanja Anda dan gunakan kembali untuk membeli secangkir kopi atau camilan agar pengeluaran harian Anda menjadi lebih minim.

  1. Membelanjakan uang pada hal-hal yang lebih bermanfaat

Anda tidak perlu sengsara untuk menghemat uang. Orang kaya berbelanja hal-hal yang menjamin investasi jangka panjang. Melakukan pembelian yang membantu dan berkontribusi pada pekerjaannya saat ini, atau menambah daya penghasilan secara keseluruhan adalah baik.

Contohnya jika Anda seorang pekerja kantor Anda bisa berbelanja pakaian kantor, laptop yang bagus, atau mobil yang handal.

  1. Memperbaiki sebelum membuang

Selain suka berinvestasi, orang kaya juga akan lebih banyak mepertimbangkan diri sebelum membeli barang baru. Mereka lebih suka memperbaiki mesin dan gadget saat rusak sebelum memasukkannya ke tempat sampah.

Ini yang Biasa Dilakukan Orang Kaya dalam Mengatur Keuangan

Memperbaiki hal-hal yang memang masih bisa diperbaiki akan menghemat uang dan juga melestarikan lingkungan karena itu sama seperti mendaur ulang.

 

Jadi, itulah beberapa tips menghemat uang yang biasa dilakukan orang-orang kaya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini