4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

Bagikan Artikel Ini

Menentukan pilihan untuk sebagian orang adalah hal yang menyulitkan. Atau mungkin Anda juga termasuk salah satunya? Beberapa orang  merasa kesulitan menentukan pilihan karena berbagai alasan. Misalnya, pengaruh apa saja yang akan muncul atas setiap keputusan yang diambil. Pada akhirnya, kebanyakan orang memilih yang paling mudah dan menguntungkan padahal yang membawa kerugian di masa depan. Keputusanmu hari ini sangat berpengaruh untuk hari esok. Jadi jangan sampai kamu salah memilih dan membuat dirimu sendiri menyesal nantinya. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan.

  1. Pakai Sistem Jika-Maka.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

Yang harus Anda perhatikan pertama adalah sistem jika-maka. Jika kamu memilih A maka apa dan jika kamu memilih B maka apa yang akan terjadi. Jangan berpikir pendek. Pilih yang keuntungannya sampai jangka panjang. Memilih yang mudah di awal dan buruk di akhir hanya akan membuatmu rugi sendiri nantinya.

  1. Melakukan Analisis SWOT

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

Tips pertama yaitu melakukan analisis SWOT (strength, weaknesses, opportunities, threats), yaitu keunggulan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Jadi dalam setiap alternatif pilihan yang ada, paling mudah adalah dengan melakukan analisis SWOT pada masing-masing pilihan tersebut. Apa ya keunggulannya? Apa kelemahan dari pilihan ini? Apa peluang dan ancamannya? Kemudian dibuat list dari analisis SWOT tadi. Bandingkan, dan pilih yang terbaik.

Baca juga : Ingin Menjadi Pemimpin Yang Disukai, Lakukan Inspirasi Ini !

  1. Berdiskusi dengan Orang Tua / Kerabat

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

Berdiskusi dengan orang tua atau kerabat, Anda menjadi tahu pandangan-pandangan orang lain terhadap alternatif pilihan yang ada. Tidak jarang seringkali nasihat atau petuah dari mereka adalah sesuatu yang tidak terpikirkan oleh Anda. Jadi, sebelum menentukan pilihan bisa berdiskusi terlebih dahulu. Tapi tetap, pemegang keputusan untuk menentukan pilihan adalah Anda. Jadi, jangan mau disetir. Hehe..

  1. Jadilah Tegas.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Menentukan Pilihan

Jika Anda tidak bisa tegas dengan diri sendiri, maka Anda tidak akan bisa tegas dengan orang lain. Tegaslah pada diri sendiri, jangan sampai Anda membiarkan diri Anda terlalu nyaman sampai akhirnya tidak bisa mengambil menentukan pilihan sendiri.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan. Walau menentukan pilihan terasa berat, setidaknya Anda harus tahu mana yang akan Anda lakukan. Jangan sampai Anda membiarkan diri Anda terjebak dalam pilihan sulit dan akhirnya tidak memilih.

Bagikan Artikel Ini