Ternyata Merawat Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental !

Ternyata Merawat Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental !
Bagikan Artikel Ini

Dimasa pandemi ini banyak orang yang mulai menekuni hobi, salah satunya memelihara tanaman. Memelihara tanaman termasuk hobi yang banyak diminati, dari anak muda sampai orangtua. Ada yang melakukan bercocok tanam hanya karna mempercantik ruangan, mengisi waktu luang, ataupun supaya ruangan kita dapat menghasilkan udara yang segar. Taukah kamu jika merawat tanaman dapat bermanfaat bagi kesehatan mental? Ya, merawat tanaman memang bermanfaat bagi kesehatan mental. Inilah beberapa manfaat merawat tanaman

  1. Meredakan strees

Stress merupakan sebuah penyakit yang tidak asing lagi bagi semua orang. Banyak sekali penyebab stress seperti memikirkan masalah hidup yang rumit, putus cinta, deadline, hingga tidak punya uang.

Meredakan strees

Tanaman memiliki Phytoncides, yaitu bahan kimia yang dapat mengurangi stress. Sebuah studi menemukan bahwa interaksi dengan tanaman dapat mengurangi stress secara psikologis dan fisiologis. Bahkan jika seseorang menatap tanaman, detak jantung dapat melambat dan tingkat kecemasan pun akan menurun.

Jadi sebaiknya kamu menaruh tanaman di dalam rumah atau ditempat kerjamu. Tanaman-tanaman yang dapat di rawat pada ruangan seperti monstera, tanaman laba-laba, peace lily.

 

  1. Kemampuan Otak Meningkat sehingga Meningkatkan Daya Ingat

 

Merawat tanaman bisa membantu menjaga kesehatan otak, yaitu dengan menjadikan seseorang lebih focus sehingga memiliki daya ingat yang kuat. Daya ingat sangatlah penting, karena mudah lupa menjadi salah satu alasan seseorang bisa mengalami depresi atau perasaan tertekan.

2.	Kemampuan Otak Meningkat sehingga Meningkatkan Daya Ingat

Tips jika kamu ingin meningkatkan daya ingat yang tajam yaitu dengan merawat tanaman yang hijau di dalam ruangan maupun diluar rangan. Memelihara tanaman dapat meningkatkan daya ingat hingga 20%.

  1. Meningkatkan kreatifitas

 

Merawat tanaman ternyata dapat meningkatkan kreatifitas untuk bergerak lebih luas, karena merawat tanaman dapat mendorong kamu untuk berpikir jernih.

Ternyata Memelihara Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Jika kamu memiliki pikiran yang jernih maka otak akan memiliki kinerja yang meningkat, sehingga kreativitas akan hal-hal baru akan sering muncul. Itulah alas an mengapa banyak orang yang menaruh tanaman hias di meja kerja ataupun meja belajar.

Jadi jika kamu membutuhkan ide-ide kreatif atau ketika pikiranmu tidak bisa menyelesaikan masalah. Kamu hanya perlu melihat keindahan tanaman.

Baca juga : Wajib Tahu ! Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

  1. Membantu Pemulihan

Ternyata Memelihara Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Benarkah mengirim bunga atau tanaman kepada orang yang sedang dalam pemulihan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan? Ya benar. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang menemukan bahwa pasien operasi merasakan rasa sakit dan kecemasan yang lebih rendah ketika mereka memiliki tanaman didalam ruangannya. Tanaman tersebut juga dapat memberikan perasaan positif dan meningkatkan suasana hati yang membantu mempercepat mereka pulih.

 

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

 

Merawat tanaman sangat bermanfaat bagi kesehatan mental, dan secara tidak langsung kesehatan fisik pun juga meningkat. Saat kamu merasa rileks, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan lebih optimal.

Ternyata Memelihara Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental

Selain itu tanaman juga menyebarkan zat-zat kimia di udara yang bisa mendukung kekebalan tubuh. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Norwegia menunjukkan bahwa  tanaman yang diletakkan di dalam rumah dapat menurunkan resiko penyakit hingga  60%.

 

 

Nah, itulah beberapa manfaat merawat tanaman dirumah. Jika manfaatnya sebaik ini tidak ada salahnya jika kamu mulai merawat tanaman dari sekarang.

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA