Ternyata Musik Bisa Menjadi Sugesti Untuk Membuat Hidupmu Produktif

Bagikan Artikel Ini

Musik disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Mendengarkan musik dapat merubah mood bahkan juga dapat membantu Anda lebih berkonsentrasi. dan ternyata sugesti musik bikin kamu makin produktif loh simak artikel ini untuk penjelasannya

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan musik dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

“Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks),” kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London.

Berikut bukti dengerin musik bikin kamu jadi makin produktif.

  1. Meningkatkan Stamina Saat Olahraga

Mendengarkan musik saat sedang berolahraga ternyata bisa membantu meningkatkan energi secara instan. Tapi tak sembarang jenis musik ya. Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat.

Image result for olahraga dengan musik

Genre musik yang cocok didengarkan adalah pop atau techno. Dentuman bass yang menonjol bisa membuatmu lebih berenergi. Musik jenis ini bakal membuatmu lebih bertenaga dan bergerak lebih cepat kalori pun semakin banyak terbakar. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

  1. Meningkatkan produksi dopamin agar bahagia.

Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan produksi hormon dopamin lho. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itu sebabnya segala macam gejala badmood yang menyertaimu saat belajar atau bekerja dapat mereda selama kamu mendengarkan musik.

Image result for bahagia dengan musik

  1. Meningkatkan konsentrasi.

Para peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif yang bisa menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi. Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

 

Image result for meningkatkan konsentrasi dengan musik

 

Baca juga :9 Aktivitas Dalam Kehidupan Sehari-hari yang (TERNYATA) Mengandung SUGESTI

4, Memperkuat daya ingat

Saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kiri dan kanan serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Jadi, mendengarkan musik sambil belajar bisa meningkatkan kemampuan fungsi kognitif otak.

 

Image result for daya ingat dengan musik

 

  1. Meningkatkan Kinerja

Musik instrumental akan bantu Anda fokus melakukan pekerjaan di kantor. Namun beberapa lagu yang sangat emosional bagi Anda, baik yang sangat atau bahkan tidak Anda sukai, justru akan menghilangkan fokus kerja Anda.

Image result for bekerja dengan musik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musik dengan beat cepat dapat merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama. Alhasil, otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

jadwal kelas amc
Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *