Ternyata, Menangis Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik & Mental !

Ternyata, Menangis Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik & Mental !
Bagikan Artikel Ini

Menangis adalah hal yang wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan. Kamu juga pasti pernah menangis kan? Hanya saja jika seorang pria  menangis pasti akan  mendapat cap pria yang lemah, sedangkan wanita yang menangis dianggap wajar. Padahal menangis adalah hasil ungkapan perasaan seseorang saat merasa sedih, terharu, atau bahagia.

Sayangnya prinsip “anak laki-laki/pria itu tidak boleh cengeng” sudah tertanam dari dulu secara turun temurun pada anak laki-laki. Sampai ketika anak mulai tumbuh dewasa, mereka akan sekuat mungkin menahan untuk tidak menangis ketika menghadapi berbagai masalah. Kenapa? Alasannya, karena menangis dianggap sebagai kelemahan dan bertentangan dengan citra diri pria sebagai sosok yang kuat dan tangguh. Dan pada akhirnya kebanyakan pria akan menahan diri untuk tidak menangis,dan mungkin menarik diri secara emosional dari orang-orang yang mereka cinta. Parahnya lagi beberapa pria mencoba untuk melampiaskan perasaan mereka dengan alkohol dan obat-obatan.

Sebenarnya, ada banyak manfaat menangis bagi kesehatan dan mental yang belum banyak orang tahu. Apa saja itu? Simak ya.

 

  1. Memperbaiki Mood

Kamu pasti pernah moody.  Moody adalah suatu sifat atau kondisi ketika seseorang mengalami perubahan mood/suasana hati yang fluktuatif atau tidak beraturan.

Ternyata, Menangis Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik & Mental !

Perubahan suasana hati ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya akibat akumulasi kadar mangan dalam tubuh. Untuk mengembalikan mood kamu menjadi baik kembali cobalah untuk menangis. Karena ketika kamu menangis, kelebihan mangan ini akan ikut keluar dari tubuh bersamaan dengan tetesan air mata. Sehingga, suasana hati (mood) kamu pun akan menjadi lebih baik setelah menangis.

 

  1. Membantu Membersihkan Hidung

Saluran air mata itu sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. Artinya, ketika kamu menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung kamu dari berbagai zat yang mengiritasi. Karena itulah, ketika kamu menangis, hidungmu akan berair dan mengeluarkan lendir.

Baca juga :Hati-hati, 3 Hal Ini Bisa Membuatmu Susah Bahagia !

  1. Membuang Racun

Kamu tahu tidak menangis ternyata bisa jadi salah satu metode detoksifikasi? Ya, menangis memang bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Berdasarkan jenis air mata serta fungsinya. Ini penjelasannya:

  • Reflex tears atau air mata refleks, memiliki fungsi membersihkan debu dan kotoran dari mata.
  • Continuous tears atau air mata basal, berfungsi untuk memberikan lubrikasi pada mata dan melindunginya dari infeksi.
  • Emotional tears atau air mata emosional, memiliki manfaat kesehatan karena melepaskan hormon stres serta racun dari dalam tubuh.

 

  1. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Kamu pasti pernah berusaha untuk tidak menangis  agar tidak terlihat lemah. Tapi, pada situasi tertentu, kamu mungkin tidak bisa menahan tangisan di depan orang lain. Terutama pada orang-orang yang dekat dan kamu percaya seperti keluarga, pasangan, atau sahabat.

Ternyata, Menangis Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik & Mental !

Selain berbagi keluh kesah dan untuk mengurangi beban. Menangis didepan orang-orang terdekat juga akan menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam.

 

Selain keempat manfaat menangis diatas, ada satu manfaat lagi yang belum banyak orang tahu. Yaitu menangis bisa membuat sukses. Pasti kamu bertanya-tanya, kok bisa ya? Simak dan temukan jawabannya dengan menonton video dibawah ini ya.

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA