Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Bagikan Artikel Ini

Rumah dengan desain ukuran yang kecil mulai banyak dimiliki orang Indonesia. Hal tersebut disebabkan keterbatasan bidang tanah. Nggak heran kalau orang Indonesia banyak memiliki rumah mungil. Namun demikian, memiliki rumah mungil punya kekurangan. Ukuran ruang yang sempit terkadang bisa membuat kurang leluasa untuk bergerak. Bahkan di kondisi tertentu, ruangan sempit bisa memengaruhi pikiran dan membuat  stres, lho. Untuk mengatasi ruangan rumah yang sempit, kamu sebenarnya bisa melakukan beberapa inspirasi ini agar rumah kamu terlihat lebih luas.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

  1. Warna Cerah untuk Dinding

Kamu pasti sudah sangat sering mendengar atau membaca tentang bagaimana warna cat rumah yang cerah membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini bekerja dengan efektif. Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

  1. Pilih furnitur yang praktis.

Ketika memilih furnitur, pastikan tersebut memiliki desain praktis. Hunian minimalis dengan keterbatasan ruangan, tentu akan lebih cocok jika diisi dengan beragam furniture berukuran kecil hingga sedang. Adapun “memaksakan” untuk meletakkan furnitur yang terlampau besar hanya akan membuat ruangan terasa sempit, sumpek, dan tidak nyaman.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Bagaimana pun, hindari membeli furnitur berukuran sangat besar–terlebih jika pada akhirnya perabot itu tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Selain pengeluaran yang “membengkak”, hal ini juga akan mengakibatkan tampilan hunian jadi tidak indah.

 

  1. Gunakan cahaya yang tepat.

Untuk menerangi ruangan dengan benar, jangan membeli lampu gantung besar. Pilih lampu kecil yang bisa dipasang di berbagai sudut langit-langit ruangan agar cahayanya dapat tersebar merata.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

  1. Furnitur Multifungsi Sebagai Solusi

Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat terasa penuh dan sesak. Mengapa tidak menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan? Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.

  1. Jangan gunakan karpet yang memiliki banyak motif.Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Kalau kamu suka karpet, pilihlah karpet yang tidak memiliki banyak warna dan motif. Karena karpet yang dipenuhi dengan berbagai warna dan motif justru akan membuat ruangan terlihat semakin padat dan sempit. Gunakan karpet yang memiliki satu motif pola berulang kecil, akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

  1. Jendela dan Tirai Besar

Jendela besar akan memastikan intensitas pencahayaan matahari yang masuk memenuhi ruangan pada rumah kecil cukup banyak sehingga mengubah kesan rumah kecil menjadi rumah yang luas, terang, dan terbuka.

Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Dengan dibantu tirai dan gorden yang besar dan tinggi, Langit-langit akan tampak lebih tinggi dan rumah kecil kamu akan terlihat lebih luas secara vertikal.

  1. Furnitur Dinding Untuk TVIngin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Jika ruang keluarga di rumah kecil kamu sempit, jangan ragu untuk menaruh beberapa alat elektronik di dinding. Gantung televisi di dinding, letakkan pemutar DVD, konsol game, atau speaker di dinding untuk memberikan ruang terbuka pada lantai.

Baca juga : Terrarium, Taman Mini yang Bisa Bikin Pikiran Kita Lebih Bahagia dan Mudah Konsentrasi

  1. Gunakan motif lantai yang sama.Ingin Rumah Terlihat Lebih Luas ? Lakukan 8 Inspirasi ini..

Cobalah untuk tidak memasang lantai dengan warna atau motif yang berbeda dalam satu ruangan, karena itu justru  akan membuat ruang terlihat semakin sempit.

Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan Artikel Ini