Hati-hati 4 Hal Ini, Bisa Membuat Kamu Selalu Overthinking !

Hati-hati 4 Hal Ini, Bisa Membuat Kamu Selalu Overthinking !
Bagikan Artikel Ini

Overthingking adalah istilah yang ditujukan untuk orang yang terlalu banyak berpikir. Orang seperti ini sering kali memikirkan hal sepele secara berlebihan. Padahal berpikir berlebihan dapat memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan mental. Ada banyak penyebab overthinking diantaranya yaitu,

 

1. Membandingkan Diri dengan yang Lain

 

Hal pertama yang bisa membuatmu overthinking adalah karena kamu suka membandingkan dirimu dengan orang lain. Membandingkan diri dengan oranglain adalah budaya yang ada sejak kecil dalam lingkup keluarga. Karena biasanya orangtua secara tak sadar membandingkan anaknya dengan orang lain.
Alasan mengapa banyak orang sering membandingkan diri dengan orang lain adalah karena mencari kepastian bahwa kamu lebih baik dibanding orang lain. Mencari pengakuan atas kemampuan diri sendiri inilah yang membuatmu terus membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini bisa membuat kamu selalu overthinking.

 

2. Suka menyendiri

Hati-hati 4 Hal Ini, Bisa Membuat Kamu Selalu Overthinking !

Manusia perlu menyendiri untuk menenangkan sekaligus mengenal diri sendiri lebih dalam. Tapi sebaiknya dilakukan sesekali. Karena jika menyendiri sudah menjadi kebiasaanmu akan memicu sifat overthinking. Daripada menyendiri lebih baik hubungi temanmu dan ajak jalan – jalan bareng. Ini bisa membuat kamu terbebas dari berpikir berlebih.

Baca juga : Ternyata Merawat Tanaman Dapat Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental !

3. Sering merasa insecure

Hati-hati 4 Hal Ini, Bisa Membuat Kamu Selalu Overthinking !
Insecure atau rasa kurang percaya diri masih menjadi penyebab umum seseorang menjadi overthinking. Kamu akan menjadi pemalu, dan tak mau bila menjadi perhatian publik.
Orang yang merasa kurang percaya diri akan merasa bahwa dirinya tidak sebaik orang lain. Kamu akan fokus pada kekurangan yang ada pada dirimu. Sehingga kamu akan terus merasa bahwa kehidupan yang kamu miliki tak sesempurna orang lain.

4. Terlalu memikirkan perkataan orang lain

Hati-hati 4 Hal Ini, Bisa Membuat Kamu Selalu Overthinking !

Dan penyebab terakhir orang merasa overthinking adalah terlalu sering memikiran perkataan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, bagian ini susah sekali untuk dihindari. Saat kamu terlalu sering mengambil hati apa kata orang, hidupmu akan tertekan dan tidak berkembang. Sebaiknya kamu mengabaikan perkataan orang lain jika tidak ingin memilki sikap overthinking.

 

Nah, itulah beberapa penyebab overthinking secara umum yang sering tidak disadari. Untuk mengatasi overthinking, langkah pertama adalah dengan mencari tahu apa pemicunya. Karena, beberapa orang mungkin bersikap overthinking pada masalah tertentu. Dengan mengetahui pemicunya, kamu akan jadi lebih waspada untuk mengontrol diri. Langkah kedua adalah memahami diri dengan benar. Jika kamu ingin mengenali dirimu dengan dengan benar dan utuh mulailah dengan mengenali Pikiranmu secara benar. Simak penjelasannya dalam video ini ya.

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA