Beberapa Hal Ini Memiliki Sugesti Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

Bagikan Artikel Ini

Saat ini ponsel telah menjadi kebutuhan di gaya hidup modern. Banyak komponen dalam ponsel yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakannya. Salah satunya adalah Baterai. Baterai smartphone merupakan komponen yang kerap dikeluhkan oleh para pengguna. Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan adalah borosnya konsumsi baterai.

Banyak smartphone Android keluaran terbaru dibekali baterai berkapasitas besar, tapi hal itu tidak menghentikan keluhan para pengguna. Kapasitas baterai sendiri sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut.

Berikut beberapa hal yang memiliki sugesti penyebab batrei ponsel cepat habis.

  1. Aplikasi dengan GPS

Beberapa aplikasi mungkin mengharuskan kamu untuk menyalakan GPS agar lokasi bisa terlacak. Tapi tahu kah kamu menyalakan GPS dalam waktu lama juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Jadi jika kamu tidak benar –benar membutuhkannya, cobalah mematikan fitur tersebut.

Image result for gps smartphone

  1. Banyak Menelepon

Sering melakukan panggilan juga salah satu penyebab baterai ponsel lebih cepat habis. McRitchie mengatakan, panggiilan telepon membutuhkan sedikit daya lebih daripada sinyal biasa.

Selain itu, panggilan telepon juga menyedot daya untuk mengeluarkan elemen suara yang tidak disertakan ketika berkirim pesan atau email.  Jadi mengirim pesan atau email akan lebih menghemat baterai.

Image result for menelpon

  1. Terlalu banyak pemberitahuan di Aplikasi

Pemberitahuan (notifikasi) aplikasi juga bisa membuat baterai ponsel jadi boros. Semakin banyak aplikasi dengan notifikasi menyala, daya ponsel yang digunakan semakin besar. Jadi pilihlah aplikasi yang benar – benar diperlukan dan matikan notifikasi yang tidak diperlukan.

Image result for notifikasi di hp

  1. Sinyal buruk

Sinyal yang kurang baik atau bahkan sama sekali tidak ada membuat pemakaian baterai ponsel menjadi boros. Karena ponselmu berusaha keras untuk mencari sinyal agar bisa menghubungkanmu dengan dunia luar.

Image result for sinyal buruk di hp
Sebagai gambaran, ponsel akan terus – menerus mengirimkan dan menerima sinyal dari tower terdekat. Ketika tower terdekat tersebut tidak bisa menerima pesannya , ponsel tersebut akan mengirimkan kembali pesannya ke tower lainnya dan hal ini membutuhkan tenaga baterai.

Untuk menghemat baterai pada kondisi tersebut, atur ponsel menjadi mode terbang (airplane mode) atau cobalah cari koneksi WiFi terdekat.

baca juga : Ternyata Musik Bisa Menjadi Sugesti Untuk Membuat Hidupmu Produktif

  1. Aplikasi “Pemakan” Baterai

Sebagai pengguna Android, kalian pasti dimanjakan dengan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun, harus berhati-hati karena mungkin ada satu atau beberapa aplikasi bisa membuat baterai menjadi super boros.

Image result for aplikasi pengaturan batrey

Untuk mengetahuinya, kalian bisa memeriksa menu Settings > Battery, guna melihat aplikasi yang ‘memakan’ daya baterai besar.

Adapun untuk pemeriksaan lebih rinci, bisa menggunakan aplikasi khusus monitor baterai seperti GSam Battery Monitor. Aplikasi ini akan menampilkan data pemakaian baterai dari semua aplikasi yang ada di smartphone. Jika menemukan aplikasi kurang penting yang membuat baterai boros, jangan ragu untuk menghapusnya.

jadwal kelas amc

 

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *