Agar Nyaman, Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Mudik !

Bagikan Artikel Ini

Menjelang akhir bulan Ramadhan, apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan Hari Raya Idul Fitri atau yang lebih sering disebut dengan Lebaran. Momen satu tahun sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat tercinta. Untuk Anda yang berada jauh di kampung halaman, lebaran adalah waktu untuk mudik. Setelah hampir satu tahun tidak bertemu dengan mereka yang ada di kampung halaman, kini saatnya pulang dan bersilaturahmi dengan saudara di sana. Sebelum mudik sebaiknya perhatikan beberapa hal ini sebelum mudik lebaran, agar mudik Anda tahun ini menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

  1. Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama Anda mudik, dapat dipastikan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga selama di sana. Beberapa minggu sebelum mudik, Anda dapat membuat daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh – oleh, dan pengeluaran tak terduga. Persiapan anggaran tersebut dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluarannya dan dapat mempersiapkan keuangan Anda sebelum bepergian. Jika Anda dapat menggunakan hanya uang THR untuk mudik, itu adalah hal yang baik.

  1. Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyak opsi kendaraan yang dapat dipilih untuk menuju kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang menurut Anda paling aman dan nyaman. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, periksa dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan Anda seperti membawanya ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman. Persiapan jalur yang matang dapat membantu Anda mengurangi kemacetan di jalan. Jika menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat dan kereta, carilah kendaraan yang paling nyaman.

  1. Persiapkan Barang Bawaan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah dengan membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum pergi. Daftar barang bawaan berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera, yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal.

Agar Nyaman, Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Mudik !

Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melampaui kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

Baca juga : Lakukan Tips Ini Untuk Menahan Marah Saat Puasa !

  1. Siapkan Fisik dan Obat-Obatan Pribadi

Mudik dapat dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Anda harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Olahraga kecil rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan yang dijaga dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat – obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

  1. Gunakan baju yang nyaman

Anda pasti akan berada di perjalanan yang panjang dan lama, terlebih lagi mengantisipasi kemacetan. Untuk membuatmu tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hal ini juga berlaku untuk anak And. Hindari menggunakan pakaian yang bisa membuat Anda atau anak Anda tidak nyaman.

  1. Bawa makanan yang bisa tahan lama

Jika Anda mudik naik pesawat dan kereta, mungkin Anda tidak perlu khawatir lagi soal makan siang atau makan malam karena bisa dipesan langsung di kereta atau pesawat tersebut. Tapi, jika Anda mudik naik bis umum atau bahkan mobil pribadi, penting untuk membawa makanan yang bisa tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi kalau terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar.

  1. Bawa Hiburan Selama Mudik

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Persiapkan smartphone kesayangan Anda dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga dapat membawa powerbank agar tetap bisa mengisi batrai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat.

Agar Nyaman, Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Mudik !

Selain gadget, buku adalah opsi lain yang dapat Anda bawa dan menjadi hiburan selama di perjalanan. Anda juga dapat menambah kebersamaan dengan saudara dengan cara membawa papan permainan yang dapat dimainkan selama perjalanan untuk menghabiskan waktu.

Jika Anda mudik bersama anak-anak Anda, bawalah mainan yang disukai anak Anda agar anak Anda tidak merasa bosan selama perjalanan mudik.

  1. Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah menyiapkan uang tunai secukupnya Pasti banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan, seperti membeli air mineral saat perjalanan mudik dan lainnya. Karena banyak juga tempat membeli oleh – oleh yang tidak mempunyai mesin EDC (Electronic Data Capture). Siapkan uang tunai secukupnya dan juga siapkan uang tunai cadangan. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mudik lebaran. Pesan penting untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memperhatikan kondisi fisik Anda. Berhentilah saat Anda merasa lelah. Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai tujuan. Tapi, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat terasa lelah atau mengantuk. Hal tersebut sangat berbahaya, bisa mengakibatkan hilang fokus dan bahkan kecelakaan. Makanya, jika Anda merasa lelah cobalah berhenti sejenak 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna. Semoga bermanfaat 🙂

amc-oktober
Bagikan Artikel Ini