5 Karakter Konsumen Yang Wajib Diketahui Pebisnis !

5 Karakter Konsumen Yang Wajib Diketahui Pebisnis !
Bagikan Artikel Ini

Setiap konsumen akan memiliki pandangan tersendiri terhadap sebuah produk karena pada dasarnya masing-masing orang memiliki karakter tersendiri. Nah, sebagai pebisnis, Anda wajib memahami karakter semua konsumen dan cara mengatasinya. Hal ini penting, agar calon konsumen melakukan pembelian, sehingga penjualan berjalan dengan baik. Lalu apa saja karakter konsumen yang harus diketahui pebisnis? Simak dibawah ini.

5 Karakter Konsumen Yang Wajib Diketahui Pebisnis !

 

 

  1. Konsumen Impulsif

Konsumen impulsif adalah konsumen yang paling cepat dalam mengambil keputusan dan melakukan pembelian. Untuk mendapatkan konsumen seperti ini, biasanya Anda tidak membutuhkan proses pendekatan yang persuasif.

Anda hanya perlu memberikan kemudahan dan kenyamanan, maka pembelian sangat mungkin terjadi dengan cepat. Konsumen impulsif biasanya akan melakukan pembelian ketika mereka menemukan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Anda harus bisa memanfaatkan celah ini dengan baik di dalam bisnis.

 

  1. Konsumen Diskon

Konsumen tipe ini adalah seorang konsumen yang telah membutuhkan layanan lebih dalam bentuk diskon yang menguntungkan.

Nilai yang Anda tawarkan dari produk atau servis adalah kuncinya. Konsumen diskon pada umumnya menginginkan penawaran harga yang jauh lebih murah di dalam setiap produk yang mereka butuhkan.5 Karakter Konsumen Yang Wajib Diketahui Pebisnis !

 

Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi konsumen tipe iniadalah dengan memberikan beberapa diskon atau penawaran kepada mereka.

Namun, konsumen jenis ini biasanya akan pergi begitu saja jika diskon yang diberikan suda habis dan tidak berlaku. Maka dari itu,  untuk meningkatkan peluang Anda dalam menjaga konsumen tipe ini sebagai pelanggan, Anda perlu menunjukkan kepadanya bahwa dia tidak hanya mendapatkan produk dengan harga diskon, namun juga mendapat customer service yang luar biasa dengan pembeliannya.

Baca juga :Di Era New Normal, Cobalah 4 Bisnis Menguntungkan Ini !

  1. Konsumen Loyal

Konsumen loyal menjadi yang paling diinginkan para pebisnis. sebab bisa menjadi salah satu akses untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Bukan hanya setia pada produk Anda saja, namun konsumen yang satu ini juga akan dengan senang hati merekomendasikannya kepada orang lain.

 

Konsumen loyal akan menikmati pengalaman mereka pada produk Anda dan tetap menjadi pelanggan setia. Anda bahkan bisa mendapatkan lebih banyak konsumen baru dari pelanggan yang satu ini. Tetap berikan produk berkualitas dan layanan terbaik, agar Anda tidak kehilangan konsumen loyal ini.

 

  1. Konsumen Potensial

Tipe konsumen potensial ini harus menjadi prioritas dari target pasar Anda. Secara teknis, konsumen potensial belum menjadi konsumen Anda, akan tetapi sangat berpotensi untuk menjadi konsumen.

5 Karakter Konsumen Yang Wajib Diketahui Pebisnis !

Tipe-tipe ini biasanya telah menunjukan ketertarikannya terhadap produk atau jasa yang Anda jual, baik melalui pengisian form contact, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada marketing channel yang Anda miliki, atau setidaknya telah mengunjungi website Anda dan melakukan subscribe.

Untuk mengatasi konsumen potensial ini, pastikan Anda memberikan pelayanan dan informasi yang lengkap dan terbaik, selain itu tunjukkan nilai dari produk atau servis yang Anda jual secara jelas kepada para konsumen potensial. Anda juga bisa memberikan sedikit pancingan untuk seperti memberikan diskon agar mereka segera mengambil keputusan untuk membeli.

 

  1. Konsumen Baru

Konsumen baru adalah orang-orang yang melakukan pembelian produk Anda untuk pertama kalinya. Konsumen seperti ini bisa menjadi pelanggan tetap, jika Anda mampu membuat mereka merasa nyaman dan senang selama menggunakan produk tersebut.

Namun sebelumnya, tugas utama Anda tentu saja fokus untuk membuat mereka melakukan pembelian pertama terlebih dahulu.

Anda bisa menjelaskan detail produk, cara penggunaan, keuntungan dan berbagai hal positif lainnya sebagai daya jual.

Selain itu cantumkan juga kontak bisnis Anda, agar konsumen baru ini mudah berkomunikasi dan menemukan solusi, jika sewaktu-waktu mengalami masalah dengan produk yang mereka beli.

 

Itulah 5 karakter konsumen yang wajib diketahui para pebisnis. Menghadapi konsumen memang menjadi tantangan tersendiri setiap pebisnis. Selain memahami karakter konsumen, sebagai pebisnis Anda harus bisa mempengaruhi pikiran para konsumen. Bagaimana cara mempengaruhi pikiran konsumen? Anda bisa menggunakan teknik Alpha Telepati.

Alpha Telepati adalah teknik yang mudah dan efektif untuk mempengaruhi pikiran orang lain supaya menuruti keinginan Anda tanpa dia sadari. Anda bisa dengan mudah dan cepat mempengaruhi pikiran orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan keinginan Anda tanpa dia sadari. Informasi selangkapnya klik disini

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA