Wajib Lakukan Trik Ini, Saat Si Kecil Enggan Mendengarkan Orangtua

Wajib Lakukan Trik Ini, Saat Si Kecil Enggan Mendengarkan Orangtua

Semua orangtua memiliki keinginan sederhana yaitu anak menurut kepada apa yang orangtua katakan. Tapi nyatanya nggak selalu seperti yang kita harapkan. Sekali atau dua kali, mungkin masih tidak masalah ketika si kecil tampak cuek dengan segala perkataan yang Anda lontarkan. Tetapi sangat tidak baik jika dilakukan selalu. Lantas, bagaimana cara menghadapi ketika anak tidak mau mendengarkan perkataan orangtua? Lakukan trik jitu ini saat anak enggan mendengarkan orangtua.

Kenali penyebab anak tidak mau mendengarkan perkataan orangtua?

Alasan paling utama mengapa anak enggan mendengarkan perkataan orangtua yakni karena tidak menyukai apa yang Anda sampaikan. Maksudnya, anak biasanya cenderung tidak setuju sehingga tidak ingin melakukan apa yang Anda minta.

Anak mempunyai pandangan sendiri mengenai keinginan serta ketidakinginan akan suatu hal. Mungkin hal itu yang kemudian membuat anak menjadi lebih selektif, sehingga terkesan tidak mau mendengarkan perkataan Anda sebagai orangtua.

 

Trik menghadapi anak yang tidak mau mendengarkan perkataan orangtua

Nah, agar si kecil bisa lebih diatur dan mau mendengarkan perkataan Anda, lakukan beberapa tips berikut :

 

  1. Hindari sikap yang terlalu keras pada anak

Sebisa mungkin orangtua menghindari sikap terlalu keras kepada anak, seperti mengomel & berteriak.

Memang, di awal anak mungkin saja takut sehingga langsung mematuhi perkataan Anda. Namun lama kelamaan, cara tersebut tanpa sadar malah membuat anak masa bodoh dan mengabaikan permintaan Anda.

jangan terlalu keras

Ketimbang harus melalukan cara yang terlalu keras tersebut, solusi yang tepat ketika anak tidak mau mendengarkan orangtua adalah mengajaknya bicara baik-baik.

Ketika suasana sedang tenang dan anak sedang dalam mood atau perasaan yang baik, sampaikan apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukannya. Khususnya saat Anda sedang memintanya untuk melakukan suatu hal.

 

  1. Pastikan perhatian anak fokus pada Anda

Sebelum memerintahkan anak untuk melakukan sesuatu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kalau perhatiannya tidak terbagi. Jika anak sedang sibuk dengan mainannya, atau terlalu konsen menonton kartun kesukaannya, usakan pandangannya sudah beralih kepada Anda.

Setelah itu, baru Anda boleh mengajaknya bicara. Sebab ketika Anda langsung berbicara panjang lebar di saat anak Anda sedang fokus dengan suatu hal, bisa jadi ia justru tidak mengerti apa yang Anda katakan.

Jadi, sebelum Anda memberinya perintah, sebaiknya panggil anak dengan lembut, hentikan aktivitasnya, dan buat kontak mata. Dengan begitu, anak bisa lebih mau mendengarkan serta paham mengenai apa yang harus dilakukannya, dan tidak akan mengabaikan perkataan orangtua.

 

  1. Minta anak untuk mengulangi perkataan Anda

Demi memastikan anak telah mendengarkan orangtua dengan baik, tidak perlu ragu untuk memintanya mengulangi perkataan Anda sebelumnya.

Wajib Lakukan Trik Ini, Saat Si Kecil Enggan Mendengarkan Orangtua

Tanyakan pada anak, “Jadi, kakak udah paham sama apa yang bunda bilang tadi?” lalu tunggu jawabannya.

Misalnya, “Iya, jadi kakak cuma boleh main mainan ini sebentar lagi, terus gantian sama adek, ‘kan, bun?”. Jika apa yang diulanginya sesuai dengan permintaan Anda, tandanya ia sudah paham dengan apa yang harus dilakukannya.

Jangan lupa, tanyakan juga pada anak apakah ada pertanyaan atau hal lain yang ingin ia sampaikan terkait permintaan Anda. Tujuannya agar anak juga bisa bebas mengungkapkan keinginan atau ketidakinginan atas apa yang Anda perintahkan.

Baca juga : Membuat Anak Sulit Berkembang, Orangtua Wajib Hindari Sikap Otoriter Ini !

  1. Beri peringatan

Jika anak tampak tidak mau mendengarkan permintaan yang orangtua sampaikan tadi, tidak masalah untuk memberinya sedikit peringatan.

Adanya sedikit peringatan tapi dengan tetap memberikannya kesempatan, biasanya membuat anak lebih patuh dan bertanggung jawab atas permintaan Anda.

Selain itu, usahakan jangan hanya memerintahkannya untuk melakukan sesuatu saja, tapi berikan juga alasan kenapa hal tersebut harus dilakukannya.

 

  1. Puji si kecil saat ia mendengarkan perkataan Anda

Selayaknya anak-anak pada umumnya, mereka biasanya senang ketika dipuji atas keberhasilan yang bisa dilakukannya. Maka itu, coba sampaikan betapa bangganya Anda ketika anak bisa menjadi pendengar yang baik, dan mau menuruti permintaan Anda.

Cara ini juga dapat membuat anak lebih terpacu untuk mendengarkan perintah orangtua selanjutnya dan tidak mengabaikannya.

 

 

Itulah trik yang bisa dilakukan saat anak Anda tidak mau mendengarkan orangtua. Satu trik yang sangat wajb dilakukan orangtua saat anaknya tidak mau mendengarkan adalah gunakan kalimat sugesti positif. Kalimat sugesti positif bisa dengan mudah Anda dapatkan dari Kitab 101 Kalimat Sugesti.

Wajib Lakukan Trik Ini, Saat Si Kecil Enggan Mendengarkan Orangtua

Kitab 101 Kalimat Sugesti Ajaib adalah sebuah buku yang berisi kalimat- kalimat sugesti positif yang bisa digunakan untuk berbagai masalah di kehidupan sehari – hari, seperti masalah orangtua terhadap anaknya, masalah percintaan, keuangan, danlainnya.

Selain itu Kitab 101 Kalimat Sugesti ini juga bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk informasi lebih lengkap tentang Kitab 101 Kalimat Sugesti klik disini.

 

Buktikan sendiri manfaatnya 🙂

Annisa Annisa