Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak

Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak
Bagikan Artikel Ini

Menurut KBBI kata syukur adalah rasa terima kasih kepada Tuhan. Jadi bersyukur adalah berterimakasih atas apa pun yang sudah Tuhan berikan. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa manusia yang lebih bersyukur , memiliki kesehatan fisik yang lebih baik. Bahkan bersyukur juga dapat meningkat sistem kekebalan tubuh. Selain itu bersyukur membuat seseorang memiliki perasaan yang positif dan menurunkan risiko stres dan depresi.

Dilihat dari manfaatnya rasa syukur harus dimiliki semua manusia. Perasaan bersyukur ini harus diajarkan mulai dini agar terbiasa untuk bersyukur. Lalu bagaimana cara mengajarkan rasa bersyukur kepada anak? Lakukan tips mudah ini ya.

 

  1. Berikan Contoh

 

Pasti Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan “like father like son” atau “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Pepatah-pepatah ini mengartikan bahwa orangtua selalu menjadi contoh bagi anaknya dalam melakukan berbagai hal.

Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak

Saat Anda menginginkan anak Anda menjadi anak yang selalu memiliki rasa syukur, sebaiknya dimulai dari diri Anda sendiri. Anda perlu menunjukkan sikap syukur tersebut sehingga anak akan melihat, meniru, dan dan menyerap apa yang orangtuanya lakukan.

 

Menunjukkan rasa syukur pada anak-anak bisa dilakukan di setiap kesempatan. Tetapi ingat, tidak dengan cara yang dibuat-buat ya.

 

  1. Mengajarkan Anak untuk Mencintai Dirinya Sendiri

 

Mengajarkan anak mencintai diri sendiri adalah salah satu cara untuk membentuk rasa syukur si anak. Dengan mengajari mencintai diri sendiri anak akam menerima kekurangan, dan melatihnya untuk bersyukur dengan semua kelebihan yang dimiliki.

Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak

Selain membentuk anak memiliki rasa syukur, mengajarkan anak mencintai diri sendiri  tumbuh lebih percaya diri, bangga pada apa yang bisa dia kerjakan, dan tidak mudah terpengaruh lingkungan negatif.

 

  1. Mengajarkan anak untuk berterima kasih

 

Cara sederhana yang bisa Anda lalukan agar anak mengerti apa artinya bersyukur adalah mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Untuk membuat seseorang merasa bersyukur, rasa terima kasih sangat diperlukan di dalam kehidupan sehari-hari

Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak

Ajarkan anak untuk berterima kasih kepada orang lain atas hal kecil apapun yang dilakukan untuk mereka. Tapi ingat, anak-anak harus tulus mengucapkannya dan jangan dipaksa.

Baca juga : Cara Efetif Membantu Anak Fokus disaat Sekolah Daring

  1. Ajarkan mereka untuk berbagi

 

Mengajarkan anak untuk berbagi atau memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan adalah cara yang cukup efektif untuk membentuk anak memiliki rasa syukur.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan anak saat mengajarkan anak berbagi. Misalnya,  meminta anak untuk membantu tetangga yang mungkin membutuhkan bantuan, atau mengajak anak berbagi di panti asuhan atau panti jompo. Ajarkan anak berbagi dengan cara sesuai usia anak.

 

Saat anak mau meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan relawan sejenis itu membuat mereka jauh lebih bersyukur atas kehidupan yang mereka miliki.

 

 

  1. Membiasakan anak Merefleksi diri Setiap Hari

 

Merefkleksikan diri setiap hari adalah hal penting yang harus dilakukan. Hal ini bisa membuat anak mengetahui hal apa yang perlu disyukuri dan hal apa yang perlu diperbaiki ke depannya.

Cara Muda Mengajarkan Rasa Syukur kepada Anak

Saat makan malam keluarga, Anda dan anak bisa saling berbagi cerita tentang satu hal yang patut disyukuri hari ini. Hal Ini dapat membantu anak menghargai bahwa di setiap hari ada hal yang patut disyukuri.

 

Itulah 5 cara mudah untuk mengajarkan anak tentang rasa syukur.

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA