Semua Orang Sebenarnya Pernah di Sugesti

Bagikan Artikel Ini

kekuatan-sebuah-sugestiDalam kelas AMC (Alpha Mind Control) di Surabaya kemarin sabtu tanggal 20 Desember 2014, ada seorang peserta yang bertanya ke saya, “mas firman, apakah semua orang bisa disugesti?”, pertanyaan seperti ini sering saya temui baik dalam kelas workshop maupun lewat telepon dan sms. Pertanyaan seperti ini menunjukkan ketidakpahaman seseorang terhadap apa itu “sugesti”. Karena banyak berseliweran pemahaman yang salah tentang sugesti sehingga menimbulkan persepsi bahwa sugesti adalah sesuatu hal yang ajaib dan terkesan hebat, padahal sugesti hanyalah sebuah “saran”, seperti yang sudah saya bahas di tulisan sebelumnya di website ini. Sugesti berasal dari bahasa inggris yaitu “suggestion” yang artinya adalah “saran”, iya..hanya saran. Kembalikanlah ke pengertian sebenarnya.

Jadi ketika ada yang mengatakan bahwa sugesti hanya bisa diterima oleh sebagian orang saja, serta membuat pengelompokan bahwa ada orang yang tidak bisa disugesti, tentu ini adalah salah besar. Sebab semua orang sejatinya pernah disugesti, sejak lahir saja sudah disugesti dan langsung diterima. Coba deh lihat ketika bayi baru lahir, bagi yang beragama Islam, langsung diberikan sugesti berupa suara adzan yang dibunyikan oleh ayah kita, benar? itu kan juga sebuah sugesti. Oh, sebentar, bahkan ketika masih dalam kandungan ibu, kita sudah mendapat sugesti dari ayah dan ibu kita. Ketika ibu kita mengelus perutnya sambil berkata, “kamu jadi anak yang pinter ya nanti”, lalu ayah kita mengikutinya dengan mencium perut ibu yang membesar. Ini juga adalah bentuk pemberian sugesti dan kita menerimanya,iya kan?

Sebuah “sugesti” sesungguhnya seliweran dikehidupan kita, mulai dari kita membuka mata sampai kita menutup mata lagi. Bahkan kita pun juga sering memberikan sugesti kepada orang lain, ya kan? ayo coba diingat-ingat, ketika anda memberikan nasehat kepada anak anda, ketika anda menyuruh kepada staf anda, ketika anda merayu kekasih anda, ketika anda memberikan sebuah saran kepada sahabat anda, semua itu adalah sugesti, sugesti dalam bentuk nasehat,perintah, rayuan dan saran. Kalau anda masih hidup dengan orang lain maka sesungguhnya anda pernah memberikan dan menerima sugesti dari siapapun.

cara-menjadi-orang-sakti
Ketika muncul pertanyaan “apakah semua orang bisa disugesti?” , maka ini tercipta karena persepsi masyarakat yang telah “rusak” akibat acara televisi, dimana menganggap sugesti adalah bentuk perintah yang “ajaib” dan membuat seseorang patuh seperti robot dan terlihat seolah-olah tidak sadar. Ya itu kan acara tv, seharusnya yang namanya acara tv harus kita posisikan sebagai sebuah show, dimana yang namanya show sudah didesain sedemikian rupa untuk memberikan sebuah hiburan yang menarik bagi masyarakat dan menaikkan rating dari tv tersebut. Ini yang kadang menimbulkan persepsi salah di masyarakat umum, sehingga kata “sugesti” dianggap sebagai sebuah kata yang ajaib,sakti dan begitu hebat. Padahal semua kalimat, semua saran adalah sugesti.

Kembali kepada bapak tadi yang bertanya dalam kelas AMC, maka sebelum saya menjawab beliau, saya menyuruh beliau untuk memegang buku lalu mengangkatnya keatas, saya menyuruh beliau berdiri sambil mengangkat tangannya keatas, dan beliau menuruti. Lalu saya katakan ke beliau, “bapak menuruti kan apa yang saya sugestikan nah itulah sugesti pak, semua orang bisa disugesti”, bapak ini pun tertawa sambil berkata “iya mas, saya paham sekarang”

:Firman Pratama:

Bagikan Artikel Ini
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *