Sugesti Ada di Sekitar Kita

Bagikan Artikel Ini

merenung-hidupDalam kehidupan kita pasti selalu berhubungan dengan SUGESTI, baik kita yang menerima sugesti maupun kita yang mensugesti. Sugesti adalah sebuah saran yang diberikan oleh seseorang maupun yang diterima. Terkadang banyak orang belum memahami arti sugesti, bahkan banyak orang yang mengaku pernah mengikuti training atau workshop kekuatan pikiran, hipnosis, hipnoterapi dan NLP serta sejenisnya juga masih belum memahami makna sugesti, ini terlihat dari cara mereka memberi makna kepada kata SUGESTI. Saya sering bertemu dengan orang di kelas Alpha Mind Control (AMC) yang ternyata dia sudah mengikuti berbagai training bahkan ada yang sudah memiliki sertifikasi instruktur dari lembaga yang katanya lembaga hipnoterapi hehe.:). Tapi begitu saya tanya tentang apa itu SUGESTI? mereka masih menjawab dengan panjang dan lebar. (choki-choki ya). Indikator seseorang itu paham atau tidak adalah dari cara dia menjelaskan, kalau masih panjang dan lebar maka itu menunjukkan belum begitu paham.

Saya sering berpikir, lalu apa yang diajarkan dalam training dan workshop itu, kalau outputnya belum memahami seperti ini, bahkan saya juga pernah bertemu dengan seorang peserta AMC kelas Platinum yang dia suka memasang gelar CHt dan CI hehe..Karena di formulir pendaftaran AMC dia memasang gelar itu. Sebagai seorang akademis saya tersenyum saja melihat gelar2 itu, karena semua gelar itu adalah gelar non akademik yang didapatnya tanpa melalui proses ilmiah. Hanya dengan mengikuti pelatihan selama 2 hari, pulang-pulang sudah dapat gelar, ini kan pembodohan publik ya (maaf kalau ada yang mau marah) 🙂 :). Karena memang itulah yang saya temui ketika di kelas AMC dan bertemu dengan banyak orang yang masih belum paham tentang PIKIRAN, SUGESTI, HIPNOSIS, HIPNOTERAPI dll. Dan banyak juga yang akhirnya mengajarkan ke orang lain, pemahaman yang BELUM PAHAM itu, akhirnya menyebarlah PEMAHAMAN yang BELUM PAHAM ini.

belajar-ilmu-yang-benar-firman-pratama

Karena melihat perkembangan PEMAHAMAN seperti itulah saya memutuskan untuk membuat program Alpha Mind Control (AMC) yang bermaksud untuk memberi pemahaman yang simpel, sederhana tetapi begitu mudah dicerna dan diaplikasikan dalam kehidupan. Saya teringat ketika menjadi penguji di sebuah Sidang tugas akhir, ada mahasiswa yang sedang diuji dalam memaparkan risetnya terlihat keren dan bagus,sebab penjelasannya panjang dan lebar. Lalu saya bertanya sebuah maksud dari kata yang dia tulis dan presentasikan, ternyata dia tidak tahu dan berubah menjadi ekspresi bingung. hehe. Seharusnya kalau dia bisa menuliskan pernyataan itu maka tentu haruslah bisa menjelaskan penyataan yang dia tulis. Tetapi ternyata mahasiswa ini tidak mampu menjelaskannya. Seseorang disebut PAHAM tentang PIKIRAN bukan karena sebuah sertifikat bergelar CHt,CI dll, tetapi dari cara dia menjelaskan.Sebab yang dimaksud PAHAM adalah mampu menjelaskan sesuatu yang sama tetapi dengan bahasa dirinya sendiri, bukan bahasa hasil jiplakan buku atau arahan orang. Kembali kepada SUGESTI, makna dari sebuah SUGESTI adalah Saran atau nasehat yang kita terima atau kita berikan kepada orang lain. SUGESTI bisa masuk dari manapun, dari majalah, dari buku, dari tv , dari film, dari orang kaya, dari orang miskin, dari siapa saja. Ketika anda bertemu seseorang dan berbincang maka disitulah sedang terjadi “PERANG SUGESTI”, siapa yang menguasai tentang hal yang dibicarakan maka itulah yang MENANG dalam perbincangan itu hehe. SUGESTI yang baik adalah saran-saran yang mudah dipahami dan tanpa disadari membuat orang yang menerimanya langsung mengangguk dan tersenyum, seperti anda yang sedang membaca tulisan ini kan.Nah, itulah KEKUATAN sebuah SUGESTI. Sugestimu adalah modal mu untuk mencapai kesuksesan,Sugestimu adalah Senjatamu.

FIrman Pratama – Pakar (SUGESTI) Pikiran

Bagikan Artikel Ini
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *