Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Bagikan Artikel Ini

Anda tidak pernah tahu murid seperti apa yang akan Anda hadapi saat mengajar murid baru. Pasti Anda bahagia saat mendapatkan murid yang giat dan rajin. Apalagi jika mereka juga mau mendengarkan setiap kata-kata yang Anda berikan, wah pasti mengajar menjadi semakin menyenangkan ya! Tapi, bagaimana jika Anda mendapatkan murid yang susah diatur? Apakah rasanya seperti cobaan hidup yang harus Anda hadapi, untuk setidaknya setahun kedepan? Sesusah apapun murid diatur, sebagai guru sudah menjadi tanggung jawab untuk bisa menghadapi murid agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Nah, untuk itu lakukan cara jitu ini untuk menangani murid yang susah diatur ini.

  1. Gunakan Beragam Metode Mengajar

Setiap murid memiliki karakternya masing-masing, inilah yang membuat setiap murid tidak bisa ditangani dengan cara yang sama. Anda harus pintar-pintar menggunakan berbagai metode belajar. Contohnya kelas A, muridnya lebih senang belajar dengan metode diskusi bersama. Sedangkan kelas B, lebih senang belajar dengan metode simulasi untuk lebih mengerti.

Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Jadi, sebelum mengajar cobalah untuk mempersiapkan berbagai metode. Dengan menggunakan metode belajar yang variatif tentu membuat kelas menjadi lebih seru, murid pun senang saat di kelas dan mengurangi sikapnya yang susah diatur itu.

  1. Sebisa mungkin hindari kata “JANGAN”

Menghadapi murid yang susah diatur, tidak jarang membuat Anda habis kesabaran. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan memberikan peringatan kepada murid mengenai sikap murid yang kurang diterima tersebut. Nah, saat hendak mengingatkan murid, coba gunakan ucapan yang berkonotasi positif ya !

Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Misalnya saja, saat Anda sedang menerangkan di depan kelas, mulai ada murid yang malah asik ngobrol sendiri dan malah mengganggu murid yang lain. Apabila Anda hanya mengingatkan dengan berkata “jangan berisik!” atau “jangan ngobrol!”, mungkin awalnya murid akan diam. Tapi lama-kelamaan pasti akan mengulanginya lagi, karena tidak ada alasan solutif dari ucapan tersebut.

Sebaiknya saat menegur, sambil memberikan alasan solutif mengapa perlu memperhatikan guru seperti “ayo perhatikan ke depan, kalian mau kan mendapat nilai bagus di ujian nanti dan bebas remed?”. Biasanya ini akan lebih ampuh, murid akan diam dan mulai memikirkan akibat yang mereka dapatkan.

Baca juga : Bacalah Kalimat Sugesti Ini Maka Pasti Akhir Pekanmu Penuh Senyum Keceriaan

  1. Fokus pada Perilaku Positif Murid

Sebagai manusia, kadang kita terlalu fokus dengan keburukan saja dan lupa akan hal positif atau kebaikan yang dilakukan murid. Nah, coba deh mulai perhatikan lebih seksama sikap murid yang susah diatur. Bisa saja murid itu memang berisik saat di kelas, tetapi di sisi lain selalu rajin mengerjakan tugas atau bahkan sekedar rajin tunjuk tangan untuk bertanya. Sesekali, cobalah untuk memuji perilaku baik ini ya! Murid itu senang sekali lho setiap mendapat pujian, apalagi dari guru.

Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Ketika murid merasa dihargai sekecil apapun tindakan yang sudah diperbuat, mereka akan senang untuk terus berperilaku baik pula. Tapi bukan berarti hanya fokus memuji ke salah satu murid saja ya! Jangan lupa untuk memuji tindakan murid lainnya, biar tidak disangka “anak emas” oleh murid lainnya.

  1. Belajar Mendengar Murid

Coba sesekali ajak ngobrol murid yang susah diatur secara personal. Bisa saja, sebenarnya ia punya masalah internal seperti keluarga atau bahkan teman yang membuat dirinya susah fokus untuk di kelas dan jadinya malah mencari perhatian. Dengan mencoba mendengarkan cerita murid, Anda juga akan lebih mengerti kondisi murid tanpa harus bersikap marah terus.

Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Positifnya setelah berbagi cerita, murid akan merasa ada kedekatan dengan Anda karena mau mendengarkan dan mengerti mereka. Murid pun akan jadi lebih menghormati guru dan akan lebih menjaga sikap untuk tidak terus-menerus membuat onar suasana kelas.

  1. Beri Hukuman Positif

Tidak ada salahnya juga untuk memberikan hukuman bagi murid yang melanggar. Tapi, buatlah hukuman yang sifatnya membangun dan positif ya, bukan yang malah jadi ngomelin murid saja.

Murid Susah Diatur? Lakukan Cara Jitu Ini !

Misalnya, Anda menerapkan siapa pun yang tidak mengerjakan tugas harus traktir permen untuk teman-teman sekelasnya. Tentu, murid tidak mau sampai uang jajannya terpotong karena tidak mengerjakan tugas kan? Tapi sebelumnya pastikan semua murid sudah setuju dengan peraturan ini ya! Pastikan juga untuk tetap mewajibkan murid untuk mengumpulkan tugas, biar hukuman ini tidak disalahgunakan.

 

Selain beberapa cara jitu diatas, Anda bisa menangani murid yang susah diatur dengan menerapkan kalimat – kalimat sugesti dari Kitab 101 Kalimat Sugesti Ajaib. Buku ini membantu Anda membentuk murid – murid yang baik dan berprestasi. Didalam buku ini juga berisi berbagai cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik yang dapat membangun diri, serta membatu Anda menyelesaikan semua masalah pribadi Anda. Dengan menggunakan kalimat kalimat AJAIB yang berada di dalam buku ini, Anda pasti merasakan manfaatnya secara cepat dan tidak terduga. Info selengkapnya tentang Kitab 101 Kalimat Sugesti klik pada gambar.

 

Semoga bermanfaat. Tetap semangat untuk mengajar ya 🙂

amc-oktober

 

Bagikan Artikel Ini