5 Tips Lepas dari Hutang Meski Gaji Pas-pasan

Bagikan Artikel Ini

Hutang merupakan salah satu komponen yang paling sering membuat seseorang mengalami kegagalan dalam mengelola keuangan. Berbagai kebiasaan buruk yang dimiliki oleh seseorang dalam mengatur keuangan, sangat mungkin membuat orang tersebut menjadi berutang atau bahkan terlilit di dalam kubangan utang yang semakin hari semakin dalam. Beberapa orang yang sudah terlilit hutang merasa susah untuk lepas dari hutang yang sudah bertumpuk. Apalagi kalau gaji yang dihasilkan pas-pasan. Tapi jangan pesimis, berikut 5 kiat lepas dari hutang meski gaji pas-pasan.

  1. Berhenti konsumtif dan mengikuti high lifestyle.

Yang pertama kali bisa kamu lakukan buat lepas dari jeratan hutang adalah menurunkan standar gaya hidup. Karena, bisa jadi selama ini kamu belum bisa melunasi hutang karena gaya hidup yang mencekik dompet kamu.

Hasil gambar untuk shopping

Godaan berbelanja pun semakin menggiurkan karena saat ini semua serba online. Tapi percaya deh, dunia fashion, kuliner, traveling dan teknologi yang seringnya menjadi penyebab rekening kosong, akan terus mengalami inovasi.

Kamu tidak akan bisa mengikuti terus-terusan perubahan tersebut. Daripada sibuk ngikutin tren dan menyamakan lifestyle seseorang ke dirimu, lebih baik digunakan untuk membayar hutang. Akan ada masanya kamu bisa nikmatin semua itu tanpa berhutang lagi.

  1. Perbaiki anggaran, dimulai dari budget mingguan

Mungkin kamu sudah sering merencanakan anggaran bulanan dengan rutin. Tapi masih gagal untuk membayar hutang. Bagaimana kalau sekarang ubah plan menjadi anggaran mingguan? Buatnya tetap di awal bulan, hanya pola pengeluarannya diatur per minggu.

5 Tips Lepas dari Hutang Meski Gaji Pas-pasan

Misalnya, jajan di luar hanya bisa 150 ribu per weekend, wajib bawa bekal dari rumah dari Senin-Jumat, beli kopi susu maksimal 50 ribu tiap Sabtu saja, seminggu hanya boleh dua kali naik taksi online, sisanya naik angkutan umum.

Atau coba lihat apakah ada pengeluaran bulanan primer yang sebenarnya kamu bisa kurangi? Harus bisa tantang diri sendiri untuk disiplin. Bisa jadi itu membuatmu lebih fokus dalam membelanjakan uang. Kalau sudah terlilit banget sama hutang, kamu harus bisa mengurangi bujet buat biaya hidup.

Tonton juga video ini : https://www.youtube.com/watch?v=dLi170yJLYk

  1. Sisihkan uang cicilan di awal gajian

Begitu gaji masuk ke rekening, langsung pisahkan uang yang akan dipakai untuk bayar cicilan ataupun hutang di rekening berbeda. Yang harus diingat, saat merencanakan anggaran hutang atau cicilan, pastikan sudah tahu suku bunganya, berapa persen yang harus disisihkan, dan tanggal waktu bayarnya harus dicatat.

5 Tips Lepas dari Hutang Meski Gaji Pas-pasan

Jangan gengsi melunasi hutang dengan cicilan. Karena lebih baik kamu menyicil daripada menunda bayar sampai berbulan-bulan. Sesuaikan dengan kemampuan dompetmu, karena orang yang dihutangi pun akan berusaha menghargai kamu yang mau konsisten membayar tiap bulan.

  1. Hindari gali lubang tutup lubang

Beberapa orang berpikir mencari utang untuk menutupi hutang yang ada. Cara ini memang bisa melunasi hutang kamu yang emang sudah harus dibayar. Tapi sebenarnya hal tersebut tidak membuat kamu bener-bener lepas dari yang namanya utang.

5 Tips Lepas dari Hutang Meski Gaji Pas-pasan

Gali lubang untuk menutupi lubang yang ada cuma menunda pembayaran utang, bukan melunasinya. Jadi, ketimbang mengambil keputusan untuk berhutang ke keluarga dan teman demi membayar hutang berjalan, sebisa mungkin berhematlah.

  1. Cari pemasukan di luar pekerjaan. Capek sih, tapi mau ngutang terus?

Nah, agar semakin ringan melunasi hutang yang ada, kamu bisa coba cari kerja sampingan. Banyak yang bisa dilakuin untuk nambah penghasilan di luar pekerjaan tetap. Modalnya cuma dua kok. Niat dan konsisten.

5 Tips Lepas dari Hutang Meski Gaji Pas-pasan

Ya emang sih, kamu harus kurangi waktu buat santai atau nongkrong bareng teman. Tapi, percayalah, hutang kamu bakal lebih cepat lunas kalau kamu bisa fokus.

Baca juga : 5 Pekerjaan ini Mensugesti Pikiran Generasi Milenial untuk Dapat Uang

Sebaiknya kamu berhenti buat meratapi hutang yang terlanjur menumpuk. Sikapi dengan positif karena pasti selalu ada cara buat keluar dari masalah terberat sekalipun. Semoga bisa kamu terapkan dengan disiplin dan komitmen kuat. Selamat mencoba.

amc-oktober

 

 

 

Bagikan Artikel Ini