Lakukan Tips Ini Agar Dompet Tetap Sehat Pasca Lebaran

Lakukan Tips Ini Agar Dompet Tetap Sehat Pasca Lebaran
Bagikan Artikel Ini

Libur panjang Lebaran telah usai. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan setelah kembali dari kampung halaman atau liburan. Salah satunya masalah keuangan. Semua yang merayakan Hari Raya IdulFitri pasti mengalami hal yang sama yaitu, mengeluarkan pengeluaran yang cukup banyak. Pasti kamu juga? Lalu bagaimana kondisi keuangan kamu pasca lebaran?

Banyak orang yang mengeluh apakah keuangannya cukup sampai akhir bulan? Bahkan ada beberapa orang yang merasa ketakutan akan hal tersebut. Tenang, jangan bersedih dulu ya. Jika kamu salah satu dari orang-orang tersebut coba lakukan tips ini agar dompet tetap sehat pasca lebaran.

  1. Periksa Kembali Keuangan Kamu ( Catat dan Atur Ulang)

LAKUKAN TIPS INI AGAR DOMPET TETAP SEHAT PASCA LEBARAN

Saat kamu sakit, pasti kamu memeriksa tubuhmu terlebih dahulu, bagian mana saja yang sakit dan harus diobati. Seperti itu juga yang harus kamu lakukan saat kondisi keuanganmu tidak sehat.

 

Kamu wajib memeriksa kembali catatan keuanganmu. Pengeluaran apa saja yang dilakukan pada saat selama Lebaran dan setelah Lebaran. Pastikan bahwa pos mana saja yang menyebabkan pengeluaranmu sangat banyak. Kemudian buat daftar apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuanganmu, misalnya  memisahkan kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara yang mendesak dengan yang dapat ditunda.

 

  1. Batasi Pengeluaran Harian ( Prioritaskan Kebutuhan Utama)

 

Langkah kedua setelah memeriksa catatan keuangan dan mengatur ulang yaitu batasi pengeluaran harianmu. Misalnya, kamu sering makan siang di luar kantor, cobalah untuk mulai membawa makanan dari rumah. Ini tentu saja dapat menolong keuanganmu.

LAKUKAN TIPS INI AGAR DOMPET TETAP SEHAT PASCA LEBARAN

Jika kamu sering pergi jalan-jalan atau sering nongkrong cobalah untuk menahan diri. Kamu juga harus mengurangi belanja barang tersier. Selain itu kamu juga bisa menetapkan berapa biaya yang kamu boleh keluarkan. Misalnya, setiap hari kamu menetapkan Rp 60.000 untuk kebutuhan belanja. Terapkan rencana biaya itu dengan konsisten

Baca juga : Segera Lakukan 5 Tips Ini untuk Naik Jabatan dengan Mudah !

  1. Disiplin dalam Mengatur Pengeluaran

LAKUKAN TIPS INI AGAR DOMPET TETAP SEHAT PASCA LEBARAN

Dua tips diatas akan sia-sia begitu saja jika tidak ada niat dan gerak untuk menerapkannya. Perlu sikap disiplin dan konsisten untuk melakukan apa yang telah diputuskan.

 

  1. Cari Penghasilan Tambahan

LAKUKAN TIPS INI AGAR DOMPET TETAP SEHAT PASCA LEBARAN

Tips terakhir untuk memperbaiki keuanganmu adalah dengan mencari peluang untuk menambah pendapatan. Kamu bisa mencari pekerjaan baru yang menawarkan gaji yang lebih tinggi. Atau mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan sampingan. Misalnya, menjadi reseller dan jualan online, jadi freelancer, guru les privat, ojek daring, dan pekerjaan lainnya yang menghasilan pundi-pundi uang.

 

Itulah tips mennyehatkan kembali isi dompet setelah Lebaran. Ingat semua tergantung Pikirannya ya. Jadi ayo mulai belajar Pikiran dengan Benar agar bisa menggunakannya secara maksimal dengan Benar. Klik disini.

Bagikan Artikel Ini

Annisa Annisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA