STOP Bangun Siang ! Inilah Manfaat Luar Biasa dari Bangun Pagi

Bagikan Artikel Ini

Sebagian orang menganggap bangun pagi itu susah. Sehingga banyak orang yang bangun ketika matahari sudah meninggi. Padahal, faktanya bangun pagi mempunyai banyak manfaat. Inilah beberapa manfaat bangun pagi yang belum diketahui banyak orang.

STOP Bangun Siang ! Inilah Manfaat Luar Biasa dari Bangun Pagi

  1. Mendapatkan Inspirasi Lebih

Ketika Anda tidur dengan waktu yang cukup dan bangun di waktu yang tepat, pikiran Anda akan jadi lebih mudah untuk konsentrasi. Di pagi hari, rasanya ide-ide baru akan bermunculan dengan sendirinya. Selain itu, di pagi hari belum banyak kebisingan yang merusak konsentrasi.

Berbanding terbalik apabila Anda bangun terlalu siang. Sebab, tubuh justru akan terasa lebih lemas sehingga mau melakukan aktivitas apa pun rasanya kurang semangat.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sinar matahari bukan hanya membantu pembentukan vitamin D namun juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalium sangat penting karena dapat menghindarkan Anda dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Maka berjemur pada pagi hari akan menghindari Anda dari osteoporosis.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Udara di pagi hari adalah udara baru yang belum banyak mengandung polusi. Masih banyak orang yang belum melaksanakan aktivitasnya sehingga asap kendaraan bermotor belum banyak menghiasi udara. Terlebih lagi, udara pagi masih kaya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, dengan bangun pagi, peredaran oksigen ke otak akan jadi lebih baik lagi.

Baca juga : 5 Game Asah Otak Ini Bikin Otakmu Tambah Cerdas. Yuk Main !

  1. Menyehatkan Paru-paru

Udara bersih pagi hari yang kaya oksigen bukan hanya baik untuk otak, tetapi juga baik untuk paru-paru. Buat Anda yang sering beraktivitas di jalan, pasti sudah penat dengan polusi dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Saatnya untuk detox dengan menghirup udara pagi sebanyak-banyaknya. Akan lebih baik lagi jika  Anda sudah mulai aktivitas di pagi hari, sehingga Anda tidak menyerap terlalu banyak polusi.

Tidak perlu takut dengan mitos udara pagi bikin paru-paru basah. Karena, paru-paru basah bukan diakibatkan oleh udara pagi, melainkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang ditularkan oleh penderita paru-paru basah lainnya. Jadi, pagi hari masih menjadi waktu terbaik buat kamu berolahraga.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak berfungsi secara maksimal maka memori otak akan meningkat juga. Maka dari itu orang yang sering bangun pagi dan menghirup udara segar akan lebih kecil kemungkinan terkena gejala pikun dibandingkan dengan orang yang bangun siang hari.

  1. Menyehatkan Jantung

Jika peredaran darah menjadi lancar dan tingkat oksigen dalam darah baik maka organ lainnya juga ikut menjadi sehat, seperti jantung. Banyak gangguan pada jantung dikarenkan aliran darah dan oksigen yang sedikit dan terhambat. Dengan bangun di pagi hari dan menghirup udara segar maka jantung akan bekerja secara maksimal.

  1. Memiliki Mood yang Bagus

Manfaat dari bangun pagi adalah membentuk mood yang bagus. Ini disebabkan bangun pagi membantu dalam pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh. Cobalah untuk bangun pagi dan tebarkan tersenyum Anda. Selain meningkatkan mood, Anda memberikan pengaruh positif pada sekeliling Anda.

 

Nah, itulah beberapa manfaat bangun pagi. Terkadang bangun pagi sangat sulit dilakukan bila Anda tidak tidur teratur dan sering begadang. Tapi bila Anda tidur tepat waktu, bangun pagi akan menjadi kebiasaan sehat yang bisa Anda ajarkan ke anak-anak.

Bagikan Artikel Ini