Lakukan Tips Ini di Dapur Anda, Agar Sahur dan Berbuka Semakin Praktis !

Bagikan Artikel Ini

Ramadan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim. Kehadirannya hanya sekali dalam setahun, bulan yang dipercaya penuh ampunan dan keberkahan. Menyambut bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi, fungsi dapur jadi makin vital. Segala persiapan makan sahur dan berbuka dilakukan di area ini. Biar urusan memasak berjalan lancar selama Ramadan, simak tips tata ruang dapur berikut ini.

  1. Lapisi meja dapur dengan plastik tebal

Meski berpuasa bukan alasan untuk bermalas-malasan, energi yang menipis di siang hari seringnya bikin kita malas bergerak. Seperti gak punya banyak tenaga untuk membereskan dapur setelah buka puasa atau sahur.

Nah, untuk itu Anda bisa melapisi setiap meja dapur Anda menggunakan plastik tebal. Tumpahan kuah, kecap, saus, atau bahan makanan lainnya akan tertahan di permukaan plastik. Tinggal dibersihkan menggunakan lap basah dan sedikit sabun.

  1. Pisahkan alat masak dengan alat makan

Hampir semua dapur tidak hanya difungsikan sebagai tempat memasak, tapi juga sebagai tempat penyimpanan alat makan. Selama bulan Ramadan, usahakan kedua barang ini berada di tempat terpisah. Tata alat masak di area dapur basah, sedangkan alat makan diletakkan di area kering. Penataan ini akan membuat persiapan sahur dan berbuka jadi lebih praktis.

Lakukan Tips Ini di Dapur Anda, Agar Sahur dan Berbuka Semakin Praktis !

Kemudian, dari sekian banyak alat masak yang Anda punya, pisahkan antara yang benar-benar rutin dipakai dengan yang tidak atau jarang dipakai? Karena alat masak yang dibiarkan berada di luar justru memenuhi area dapur. Kelompokkan saja mana panci, penggorengan dan alat masak lainnya yang benar-benar Anda butuhkan. Simpan sisanya di lemari atau gudang, agar ruang gerak Anda di dapur lebih leluasa.

Baca juga : Lakukan Ini Untuk Mempersiapkan Tubuh Agar Tetap Sehat Saat Ramadan

  1. Pasang rak atau meja bumbu di dekat kompor

Selama bulan puasa, waktu memasak terasa lebih singkat apalagi saat menyiapkan sahur. Untuk memudahkan Anda, siapkan rak atau meja kecil khusus bumbu di dekat kompor. Anda jadi lebih mudah menjangkau bumbu-bumbu tersebut tanpa harus mencarinya terlebih dahulu.

Lakukan Tips Ini di Dapur Anda, Agar Sahur dan Berbuka Semakin Praktis !

Kalau perlu kelompokkan sesuai prioritas penggunaan. Bumbu serbuk seperti lada, gula dan garam diletakkan paling depan. Disusul kecap, saus tiram dan bumbu berkemasan botol lainnya pada lajur kedua.

  1. Susun peralatan cuci selalu di dekat wastafel

Waktu memang terasa singkat setelah berbuka puasa. Selepas salat magrib dilanjut dengan isya dan tarawih. Setelah rangkaian ibadah tersebut, biasanya kita sudah mengantuk dan ingin segera istirahat.

Lakukan Tips Ini di Dapur Anda, Agar Sahur dan Berbuka Semakin Praktis !

Tapi jangan lupa pastikan dulu dapur sudah dalam keadaan bersih. Biar praktis, tata semua peralatan cuci alat masak dan bahan makanan selalu di dekat wastafel. Selain sabun dan sabut pencuci, tata juga saringan sayur dan alat pembersih bahan makanan lainnya di sekitar wastafel. Jadi Anda bisa langsung menggunakannya saat menyiapkan santap sahur.

  1. Selalu sediakan lap bersih di beberapa titik

Lakukan Tips Ini di Dapur Anda, Agar Sahur dan Berbuka Semakin Praktis !

Penting nih, selalu siapkan lap bersih di beberapa titik dapur. Pastikan ada satu di dekat kompor, satu di dekat wastafel, juga di meja persiapan bahan makanan. Sisanya, Anda bisa meletakkan lap bersih sesuai kebutuhan.

 

Yuk, siapkan dapur yang lebih praktis untuk memasak santapan sahur dan berbuka!

Bagikan Artikel Ini