Inilah Cara Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berhijab, Coba Deh!

Bagikan Artikel Ini

Sebagian wanita muslim memilih untuk menggunakan hijab. Selain untuk menutup aurat, beberapa orang berpendapat bahwa jilbab adalah perlindungan hebat untuk kesehatan rambut karena rambut Anda tidak akan pernah terkena paparan lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi. Namun jangan juga menjadikan berhijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut Anda. Bahkan terkadang, rambut Anda perlu perawatan dan perhatian ekstra karena masalah rambut wanita berhijab mungkin saja berbeda dengan wanita lain. Berikut beberapa masalah rambut wanita berhijab dan cara mengatasinya.

  1. Ketombe berlebihan

Saat menggunakan hijab, sirkulasi udara di daerah kepala pasti akan berkurang. Apalagi, Anda yang pekerjaannya menuntut mobilitas tinggi. Nah, seperti yang sudah disebutkan tadi, sirkulasi udara yang kurang baik pada kulit kepala, keringat yang diproduksi kulit kepala akan lebih banyak dan terperangkap di sana.

Inilah Cara Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berhijab, Coba Deh!

Akibatnya, bakteri akan berkembang biak lebih cepat di kulit kepala. Kondisi ini akan menyebabkan kulitmu terasa gatal. Tidak hanya itu, kulit kepala yang tidak bersih juga akan menyebabkan timbulnya ketombe. Lepek, bau, dan ketombean. Lengkap deh masalahnya!

Solusinya : Gunakan shampo khusus kulit kepala sensitif. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok.

  1. Rambut rontok

Khusus bagi wanita berhijab yang memiliki rambut panjang, terkadang Anda harus mengikatnya agar rambut tidak keluar-keluar. Namun, saat Anda mengikatnya terlalu kencang, rambut bisa rontok dan patah lho. Selain itu, saat rambut tergesek oleh kain kerudung juga bisa menyebabkannya mudah patah.

Inilah Cara Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berhijab, Coba Deh!

Solusinya : jangan mengikatnya terlalu kencang dan pilih ikat rambut yang lembut ya. Selain itu, selalu coba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

Baca juga :Benarkah Bawang Putih Mampu Mengatasi Rambut Rontok?

  1. Rambut jadi lebih bau

Saat Anda menggunakan hijab, kulit kepala akan lebih rentan mengeluarkan keringat. Ini disebabkan karena rambut tertutup oleh kain hijab sehingga mengakibatkan sirkulasi udara yang kurang baik. Kondisi ini akan menyebabkan rambut lebih bau, karena keringat akan terjebak di kulit kepala. Ini juga bisa terjadi ketika kamu menggunakan hijab saat rambut masih basah.

Inilah Cara Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berhijab, Coba Deh!

Solusinya : Anda harus lebih sering keramas paling tidak dua hari sekali dan keringkan sebelum menggunakan hijab. Ciput hijab pun harus lebih sering Anda ganti minimal satu hari sekali.

  1. Rambut sulit diatur

Di antara Anda mungkin, masih ada yang rambutnya keluar-keluar saat menggunakan hijab. Rasanya mungkin sedikit menyebalkan ya, sehingga kita harus berkali-kali ke toilet untuk merapikan hijab.

Inilah Cara Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berhijab, Coba Deh!

Solusinya : Anda harus sering-sering menyisir rambutmu. Karena jika Anda jarang menyisir rambut, rambutmu akan kusam, menjadi semakin kusut, dan tidak sehat. Dengan menyisirnya setiap hari, Anda akan mengurai rambut rambut yang mulai kusut. Ingat, menyisirnya dari ujung kulit kepala hingga ke ujung helai rambut.

Nah itulah beberapa masalah rambut wanita berhijab dan solusinya. Satu hal yang perlu diingat, rambut rusak juga bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Pastikan Anda menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam. Nutrisi yang Anda ambil dalam setiap hari membantu untuk membentengi dan memelihara setiap helai rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

amc-oktober

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini