5 Hal Yang Bisa dilakukan Untuk Tetap Produktif Meskipun Sedang Puasa Ramadhan

5 Hal Yang Bisa dilakukan Untuk Tetap Produktif Meskipun Sedang Puasa Ramadhan
Bagikan Artikel Ini

Umat muslim dunia sudah memasuki bulan Suci Ramadhan. Yang artinya ada kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa disiang hari. Biasanya ketika menjalankan ibadah puasa kondisi badan terasa lemas dan ini membuat orang menjadi kurang produktif. Di artikel kali ini anda bisa menemukan 5 hal yang bisa dilakukan untuk tetap produktif meskipun sedang puasa Ramadhan. Sesuatu yang mustahil ketika 1 bulan penuh menjadi bulan yang digunakan untuk malas-malasan. Karena ibadah puasa bukanlah untuk malas-malasan, apalagi tidak lagi produktf.

Tetap Produktif Meskipun Puasa

Meskipun siang hari tidak makan dan tidak minum tapi tubuh manusia memiliki desain yang sempurna untuk mengubah simpanan lemak menjadi energi. Sehingga tidak ada gara-gara puasa ramadhan kemudian orang itu meninggal. Dengan mengurangi asupan makanan dan minuman yang masuk ketubuh bisa meningkatkan pembakaran lemak menjadi energi. Tidak ada alasan untuk tidak produktif meskipun puasa.

tetap produktif meskipun puasa

Yang ada hanya peralihan kebiasaan. Mungkin anda terbiasa jika bekerja sambil ngemil atau sambil ngopi, nah ini harus dibiasakan untuk bekerja tanpa ngemil dan ngopi.

Baca ini juga : Lakukan Cara ini supaya tidak dehidrasi selama Puasa

Lakukan 5 Hal ini agar tetap Produktif !

Ada 5 hal yang bisa anda lakukan agar tetap produktif meskipun sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Apa saja 5 hal itu?

1. Sahur dan Buka dengan Makanan yang Seperti biasa anda makan

Seringkali ketika buka puasa makanan dan minumnya berlebihan. Makanan yang berlebihan ini justru membuat sistem dalam tubuh anda kaget karena tidak seperti yang anda konsumsi biasanya. Makanlah seperti biasanya, apalagi saat santap sahur. Tidak usah yang berlebihan. Jangan karena puasa lantas anda makannya jadi 2 piring. Lalu makan dengan lauk yang banyak, dan ditambah dengan minuman es yang manis berlebihan. Coba makan dan minum seperti biasa saja. Karena puasa sebenarnya hanya menggeser jam makan saja.

Baca ini juga : Inilah ukuran keberhasilan dari Puasa kita

2. Sehabis Makan Sahur jangan langsung Tidur

Makan sahur yang dianjurkan itu adalah yang diakhir atau menjelang subuh. Kalau berbuka puasa disegerakan, tapi kalau sahur diakhirkan. Anjuran ini sangat bagus, sebab setelah makan sahur memang sebaikanya jangan langsung tidur, tapi bisa shalat subuh dulu supaya ada gerakan. Karena ketika anda sahur jam 2 pagi kemudian langsung tidur maka biasanya ketika bangun membuat badan menjadi tidak enak lalu lemas. Efeknya anda jadi malas untuk melakukan aktivitas.

3. Ganti Ngemil dan Ngopi dengan mendengarkan Musik

Bagi anda yang terbiasa melakukan pekerjaan sambil ngemil dan ngopi maka selama bulan Ramadhan ini anda ganti kebiasaan itu dengan mendengarkan musik saja. Gunakan headset supaya anda terbawa dalam nyamannya alunan musik sehingga tidak terasa pekerjaan anda menjadi cepat selesai. Musik yang nyaman membuat kondisi pikiran anda menjadi santai dan ini juga bisa menekan keinginan untuk ngemil dan ngopi.

4. Tuliskan daftar kegiatan harian yang mau Anda selesaikan

Supaya anda tahu apa yang harus anda lakukan. Maka setelah shalat subuh coba anda buat daftar kegiatan harian yang mau anda selesaikan di hari ini. Supaya tidak ada kegiatan yang sia-sia. Supaya anda bisa tepat waktu untuk berbuka puasanya. Dan selesaikan kegiatan itu dengan semaksimal yang anda bisa. Dengan menulis daftar kegiatan maka anda jadi lebih jelas dalam melangkah untuk menjalankan kegiatan selama bulan puasa.

5. Jaga Pikiran tetap menyenangkan

Pikiran anda harus berisi hal-hal yang menyenangkan. Sebab jika anda puasa dengan marah atau sebel maka yang anda justru kondisi tubuh anda tidak nyaman dan lemes. Sangat penting sekali untuk menjaga pikiran tetap menyenangkan selama puasa. Dengan pikiran yang happy, menyenangkan bahagia maka pasti hari-hari selama ibadah puasa ini tetap bisa produktif. Dan tentunya puasa kuat selama sebulan penuh.

5 Hal ini jika anda lakukan bisa membuat puasa anda di tahun ini lebih menghasilkan dan tentunya memiliki makna yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tetap produktif meskipun puasa adalah ciri orang beriman yang sesungguhnya.

Bagikan Artikel Ini

majalahsugesti

Admin Majalah Sugesti adalah pengelola dari Website KekuatanSugesti.com, berbagi Inspirasi dan Solusi untuk Kehidupan Manusia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA