Bukan Uang, Tapi 3 Modal ini Yang Harus Dimiliki Ketika Memulai Sebuah Bisnis

Bukan Uang, Tapi 3 Modal ini Yang Harus Dimiliki Ketika Memulai Sebuah Bisnis
Bagikan Artikel Ini

Ternyata bukan uang, tapi 3 Modal ini yang harus dimiliki ketika memulai sebuah bisnis. Seringkali banyak orang mengeluh bahwa saya tidak punya modal, saya tidak punya uang ketika disarankan untuk memulai sebuah bisnis. Jawaban klasik hampir semua orang. Kata “modal” langsung diartikan hanya dalam bentuk “uang”. Padahal untuk memulai bisnis itu tidak harus dengan modal dalam bentuk uang yang dimiliki sendiri. Sepertinya alasan klasik tidak punya modal uang ini dibuat sebagai alasan untuk malas berpikir. Menjadi sebuah alibi untuk menutupi keengganan dalam memulai sebuah bisnis. Padahal kalau untuk membeli secangkir kopi kekiniaan setiap hari pasti bisa, tapi begitu untuk memulai usaha malah mengatakan tidak punya modal uang.

Betulkah bisnis butuh Modal Uang Besar?

Apakah memulai sebuah bisnis butuh modal uang yang besar? perhitungan besar disini relatif sebenarnya.  Tapi kalau kita buat asumsi bahwa modal uang besar itu diatas 1juta bagaimana? setuju ya. Bagaimana jika ada usaha yang bisa dimulai dengan modal Rp.0 alias tanpa modal?

bisnis tanpa modal uang

Ada nasehat keren dari pendiri lembaga bimbingan belajar yaitu bapak Purdi E Chandar. Bisnis itu butuh 3 modal. Yaitu BOTOL, BODOL, BOBOL. Itu singkatan, BOTOL (Berani Optimis Tenaga Orang Lain), BODOL (Berani Optimis Duit Orang lain), BOBOL (Berani Optimis Bisnis Orang Lain). Berarti tidak butuh modal uang. Banyak bisnis di Indonesia yang dimulai dengan modal kurang dari 1juta.  Kalau anda mau berpikir maka pasti bisa.

Apa 3 Modal Modal yang Harus Dimiliki untuk Memulai Bisnis?

Kalau bukan uang, lantas apa? ada 3 Modal utama yang harus dimiliki untuk memulai bisnis.

1.SEMANGAT

Semangat adalah dorongan dari dalam diri untuk terus bergerak, untuk melakukan perubahan besar dalam kehidupan. Ketika semangat itu terus muncul, terus di level yang maksimal maka pasti bisa memulai sebuah bisnis. Ketika semangat untuk berubah itu kecil atau tidak ada maka yang muncul hanyalah alasan-alasan untuk membuat pembenaran terhadap situasi yang ada dalam hidup. Jagalah nyala semangat dalam diri anda.

2. BERANI BERMIMPI

Tidak semua orang berani untuk bermimpi. Banyak orang takut untuk membuat impian yang besar dalam hidupnya. Ketakutan ini akibat program-program yang tertanam sejak kecil dalam pikirannya.

takut bermimpi instagram firman pratama

Program inilah yang membuat seseorang takut untuk bermimpi. Takut untuk melangkah memulai bisnis. Padahal bermimpi itu gratis. Tidak ada bermimpi itu yang butuh bayar.

Tapi memang bermimpi ada rumusnya ada caranya yang benar. Bermimpi yang benar adalah dengan menggunakan Pikiran.

3. SUGESTI POSITIF

Ketika anda sibuk memasukkan sugesti negatif kedalam kepala anda maka yang ada hanya situasi yang jelek. Apalagi ketika sugesti itu justru yang membuat miskin dan gagal. Maka seberapa besar modal uang anda yang dipakai untuk bisnis pasti habis dan bisnis menjadi gagal. Sugesti yang positif menjadi penting untuk memulai sebuah bisnis. Bahkan tanpa modal uang pun jika sugesti anda benar maka pasti anda bisa memiliki sebuah bisnis.

buku kitab 101 kalimat sugesti

Anda perlu membaca buku kitab 101 kalimat sugesti untuk mengetahui bagaimana sebuah sugesti itu berperan besar dalam memulai sebuah bisnis. Segala kebaikan, kelancaran dalam kehidupan manusia itu memang bermula dari sugesti yang ada dalam pikiran manusia itu sendiri. Maka jangan batasi diri anda untuk memulai sebuah bisnis hanya karena tidak memiliki modal uang besar. Beranilah untuk memulai, langkah pertama itu menentukan langkah berikutnya.

Bagikan Artikel Ini

majalahsugesti

Admin Majalah Sugesti adalah pengelola dari Website KekuatanSugesti.com, berbagi Inspirasi dan Solusi untuk Kehidupan Manusia yang Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
Langsung Chat Via WA